Komnas HAM Desak Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Masjid Muhammadiyah



kontenislam.com - Komisioner Komnas HAM, Manager Nasution mengecam adanya pembakaran tiang Masjid At-Taqwa milik ormas Muhammadiyah Aceh. Insiden yang terjadi pada Selasa (17/10) sekitar pukul 20.00 WIB itu, dinilai sangat tidak baik.

“Bahwa tindakan main hakim sendiri (elgenrechting) sangat tidak elok, di samping tidak menyelesaikan masalah, tapi justru memproduksi kekerasan-kekerasan baru,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis pada Rabu (18/10).

Ia menilai, negara harus hadir, khususnya kepolisian untuk menginvestigasi kebenaran peristiwa itu. Sekira benar adanya, kata dia, pihak kepolisian negara harus memproses pelaku dan aktor intelektualnya.

“Proses harus secara profesional, independen, berkeadilan, transparan, dan tidak diskriminatif sesuai dengan hukum yang berlaku,” ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada publik agar tidak terpancing dan terprovokasi. Serta menghindari tindakan kekerasan dan tindakan main hakim sendiri.

“Saya juga mendesak negara memenuhi hak-hak konstitusional korban akibat tindakan intoleran tersebut,” tuturnya.

Manager juga menekankan kepada pihak kepolisian untuk memastikan bahwa hal-hal serupa tidak terulang lagi di masa mendatang. Maka, harus ada tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran.

“Negara tidak boleh kalah dengan pelaku dan aktor intelektual tindakan intoleran,” tukasnya. sumber:kiblat

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close