Tanggapan Mahfud MD soal Rencana Pengacara Novanto Tuntut KPK

 kontenislam.com - Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi berencana menuntut KPK ke Pengadilan HAM Internasional. Fredrich mempersoalkan tindakan KPK yang menahan kliennya meskipun dalam kondisi sakit.

Mengenai hal itu, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengomentari langkah yang akan dilakukan pengacara kasus korupsi E-KTP tersebut. Menurutnya, Fredrich tidak memahami fungsi Pengadilan HAM Internasional.

“Pngcara Novanto akan Tuntut KPK ke Pengadilan HAM Internasional — Ha3x Freidrick tak tahu fungsi Pengadilan HAM Int,” katanya pada Sabtu (18/11/2017) di Twitter pribadinya.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia itu menjelaskan bahwa Pengadilan HAM Internasional hanya mengadili genosida dan kejahatan kemanusiaan.

“Friedrick akan malaporkan KPK ke Pengadilan HAM Internasional? Hahaha, Jngn2 Friedrick tak tahu bhw pengadilan internasional tsb hanya mengadili genosida dan kejahatan kemanusiaan. Genosida dan kejahatan kemanusiaan itu pny arti stipulatif, Bung. Tak bs disuruh ngurusi Setvov,” tulisnya.

Mahfud kemudian menyindir status Fredrich sebagai pengacara. Ia mengemukakan terdapat advokat atau kuasa hukum yang tak paham hukum. Dan kuasa hukum yang pandai berbicara tapi tidak tahu tatanan hukumnya.

“Dunia advokat hrs menata diri. Sekarang ini mulai ada advokat/kuasa hukum yang tak paham hukum bahkan oon di bidang hukum. Sekarang ini mulai ada kuasa hukum yg hanya pandai cuap2. Proses rekrutmen dan pembinaan etika hrs dijaga dari awal, jgn sembarang disumpah,” katanya di Twitter.

Sementara itu, tanggapan Mahfud juga menuai respon dari para netizen. Banyak dari mereka mendukung cuitan Mahfud dan menyindir Fredrich. Seperti akun @BudiWinR dan @daneezar yang mengatakan bahwa pengacara Novanto itu kurang pinter dan kurang pengalaman dalam menangani perkara.

“Advokat Friedrick kurang kerjaan dan kurang pinter dan seperti kurang pengalaman dalam menangani perkara Papa Setnov #SaveTiangListrik,” ujar @BudiWinR.

“Kalo sudah kehabisan alasan, cara yg mustahil pun akan diucapkan walaupun tidak masuk akal dan tdk ada aturan. Istilah nya menggila.membego (pura pura bego). Spt dikejar utang suruh bayar. Peran gila paling ampuh,” ujar @daneezar.

Dengan nada jenaka, pemilik akun @jawangga menulis bahwa yang pantas menjadi partner Fredrich adalah pengacara kontroversial Farhat Abbas.

“Nah mgkin malah diduetkan saja friederick sm farhat, biar mereka nyambung ngobrolnya, biar makin lucu drama ini haha,” ujarnya.sumber: kiblat

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close