Bentrokan Keras Meletus di Kedutaan AS di Beirut - KONTENISLAM.COM

Breaking

Home Top Ad

Selasa, 12 Desember 2017

Bentrokan Keras Meletus di Kedutaan AS di Beirut

kontenislam.com - Bentrokan kekerasan meletus di luar Kedutaan Besar AS di Beirut pada hari Ahad (10/12/2017) dalam sebuah demonstrasi menentang keputusan Presiden AS Donald Trump untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Demonstran membakar ban dan bendera AS dan Israel saat mereka mendorong untuk menerobos kawat berduri yang dipasang oleh pasukan keamanan di sekitar kompleks kedutaan, menurut seorang reporter Anadolu Agency.

Pasukan keamanan menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan pemrotes yang marah, yang mencoba melepaskan pagar kawat itu.

Sejumlah pemrotes ditahan dalam demonstrasi tersebut.

“Demonstrasi ini tidak terbatas pada partai atau sekte tertentu,” pemimpin Hamas Ahmet al-Hut mengatakan kepada Anadolu Agency. “Ini adalah sebuah demonstrasi nasional yang diikuti oleh setiap orang Kristen dan Muslim yang percaya bahwa Yerusalem adalah ibukota abadi Palestina,” katanya.

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Lebanon, Hanna Gharib, menggambarkan pengakuan Trump terhadap Yerusalem sebagai ibukota Israel sebagai “pemusnahan Palestina” dan akan menjerumuskan rakyat Palestina dalam “gelombang perpindahan baru.”

Dalam sebuah pernyataan, Gharib meminta negara-negara Arab untuk “menghentikan semua program kerjasama dengan AS dan mengusir duta besarnya.”

Pada hari Rabu, Trump mengumumkan pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibukota Israel dan mengatakan bahwa Kedutaan Besar AS akan dipindahkan dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Pergeseran dramatis dalam kebijakan Washington mengenai Yerusalem memicu demonstrasi di wilayah Palestina yang diduduki dan beberapa negara Muslim.

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Israel-Palestina, dengan rakyat  Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur – yang sekarang diduduki oleh Israel – pada akhirnya dapat berfungsi sebagai ibukota negara Palestina masa depan.sumber: jurnalislam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar