Fadli Zon: Melarang Penggunaan Cadar Bisa Melanggar HAM - KONTENISLAM.COM

Breaking

Home Top Ad

Selasa, 06 Maret 2018

Fadli Zon: Melarang Penggunaan Cadar Bisa Melanggar HAM



kontenislam.com - Peraturan mengenai larangan menggunakan cadar bagi mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta di dalam kampus menuai kritik. Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan, penggunaan cadar merupakan hak pribadi setiap orang. Pelarangan penggunaan cadar tersebut bisa melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

"Itu hak pribadi ya seseorang yang mempunyai kepercayaan untuk menggunakan itu sebagai bagian dari ibadahnya. Selama tak mengganggu orang lain mestinya tak ada masalah. Kecuali ada yang terganggu," ucap Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/3).

Menurutnya, dengan seseorang menggunakan cadar bukan berarti mahasiswi pengguna cadar tersebut kehilangan identitasnya. "Selama tak mengganggu orang lain mestinya tak ada masalah. Kecuali ada yang terganggu. Kalau orang itu pakai jilbab ditambah cadar kan tak mengganggu orang lain," tutur politikus Partai Gerindra tersebut.

Diketahui aturan mengenai larangan mahasiswi bercadar tersebut berawal dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mendata mahasiswi bercadar. Selain itu, pihak UIN Sunan Kalijaga juga membina mahasiswi bercadar melalui konseling.

Bahkan Rektor dari universitas tersebut juga meminta mahasiswi yang memakai cadar untuk pindah kampus jika mereka tidak mau melepas cadar.sumber: republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar