Swedia Bangun IKEA di Cakung, Anies Minta Warga DKI Jadi Pekerjanya - KONTENISLAM.COM

Breaking

Home Top Ad

Jumat, 09 Maret 2018

Swedia Bangun IKEA di Cakung, Anies Minta Warga DKI Jadi Pekerjanya



kontenislam.com - Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. Ini adalah kunjungan kedua Johanna ke Balai Kota setelah sebelumnya bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno pada Februari, yang antara lain membahas rencana pembangunan IKEA di Cakung, Jakarta Timur.

Pertemuan Johanna-Anies membahas investasi yang akan ditanamkan oleh beberapa perusahaan Swedia di Jakarta, termasuk IKEA di Cakung. IKEA adalah peritel perabot untuk rumah tangga dari Swedia.

"Mereka menyampaikan ada rencana investasi pembangunan fasilitas di Cakung. Kemudian saya garis bawahi pada mereka bahwa nomor satu taat pada seluruh aturan ketentuan. Semuanya ditaati. Dan mereka menyatakan bahwa iya dan akan melakukan dan sudah dilakukan," ucap Anies di Balai Kota, Jumat (9/3/2018).




Anies meminta tenaga kerja untuk pembangunan fasilitas itu harus berasal dari Indonesia, utamanya warga Jakarta. Ia percaya pembangunan yang difasilitasi oleh Swedia ini dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi warga Jakarta.

"Karena selama proses konstruksi akan dibutuhkan lebih dari 1.400 orang, dan nanti sesudah beroperasi akan lebih dari 400 orang," jelas Anies.

Selama berdiskusi dengan Johanna, Anies berharap tenaga kerja yang dilibatkan dapat menjadi bagian dari kegiatan usaha masyarakat setempat. Dia juga berharap masyarakat dapat merasakan manfaat dari pembangunan tersebut.

Anies mengatakan, pembangunan IKEA di Cakung akan dimulai setelah urusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) selesai.

"Fasenya sekarang mereka selesai pengukuran oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional). Nanti, setelah BPN selesai pengukuran, mereka akan mengurus isi PPT. Setelah itu keluar, baru urus IMB, baru mulai," ujar Anies.

Selain itu, pertemuan mereka juga membahas masalah pengelolaan sampah, serta rencana negara-negara Nordik (Swedia, Denmark, Finlandia, dan Norwegia) yang akan datang ke Jakarta pada April mendatang. Kedatangan mereka direncanakan akan saling bertukar ilmu dan pengetahuan dari berbagai aspek.

"Empat negara ini akan mengunjungi Jakarta tanggal 26 April, dan dalam pertemuan itu kita akan bahas aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk Jakarta. Aspek infrastruktur, aspek pendidikan, aspek kesejahteraan keluarga, dan ada beberapa aspek lain," pungkas Anies.  (Kumparan)

***

Tanpa gembar gembor janji-janji 10 juta lapangan kerja baru untuk tenaga kerja lokal... Anies memang pantas disebut "Gubernur Indonesia".
sumber: portal islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar