Seperti di AS, Anies Sulap Kolong Slipi Jadi Taman Skateboard

Seperti di AS, Anies Sulap Kolong Slipi Jadi Taman Skateboard

kontenislam.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai mempercantik ibu kota Indonesia, DKI Jakarta.

Pada saat persiapan Asian Games 2018, Pemkot DKI menyulap trotoar Jalan Sudirman menjadi lebih luas hingga dapat dinikmati pejalan kaki dengan leluasa. Tak hanya itu, Pemkot DKI juga menjadikan trotoar sepanjang Jalan Thamrin dan Sudirman sebagai ruang ekspresi masyarakat.





Yang membuat kawasan Sudirman dan Thamrin begitu hidup bukan gedung-gedung pencakar langitnya, tetapi orang-orangnya yang berinteraksi. Karena itu penataan ruang harus membangun interaksi. . Saya membayangkan Jakarta bukan hanya menjadi kota tujuan orang mencari penghidupan yang keras, kering. Penataan trotoar dan jalan di Sudirman-Thamrin ini menjadi awal di mana kita menghidupkan kembali ruang ekspresi pasca jam kantor atau saat jam istirahat. . Karena itu, Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin sebagai salah satu koridor utama di Jakarta harus menjadi tempat ruang ekspesi yang memunculkan seni dan budaya. Seni dan budaya bukan sebagai penghidupan, tetapi sebagai kehidupan. Ruang eskpresi ini sempat kami uji coba di trotoar depan fX Sudirman dan Plaza Indonesia Thamrin minggu lalu, menyambut Asian Games. . Apakah teman-teman sempat menikmatinya? Semalam bersama jajaran @mrtjkt dan @binamargadki kami survei untuk pengembangan ruang ekspresi di jalur pedestrian. Ada usulan mau ditambahkan di mana lagi ruang-ruang ekspresi di Sudirman - Thamrin?
A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on
Selain itu, Anies juga memperbaiki JPO sepanjang Jalan Sudirman dengan desain yang lebih unik, yang nantinya akan dilengkapi CCTV dan lift agar mempermudah disabilitas.




Berjalan kaki bukanlah sekadar menuju pekerjaan, mencari penghidupan atau sekadar menuju pulang, menunggu hari kerja berikutnya. Berjalan kaki jangan sekadar sebuah perjalanan, ia harus jadi pengalaman. Itulah yang menjadi dasar mengapa JPO dirancang dengan desain yang unik. Ia hadir merangsang munculnya pengalaman. ⁣ ⁣ Pengalaman baru itulah yang memantik keinginan untuk berbagi. Semoga kota kita makin banyak memberikan “pengalaman” baru, unik dan membahagiakan.⁣ ⁣ Sore tadi mengajak Ismail dan Tia untuk inspeksi ke JPO Gelora Bung Karno.⁣ ⁣ Foto-foto dan video JPO baru di GBK ini sudah ramai beredar di sosial media walaupun belum selesai. Teman-teman pasti sudah tidak sabar untuk menyeberanginya (dan berswafoto di atasnya).⁣ ⁣ Hari ini progresnya sudah 80%, memasuki tahap finishing. Pantau terus di akun @binamargadki ya!
A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on
Tak henti sampai disitu, kali ini Anies mulai menyulap kolong flyover. Seperti yang ia tuliskan di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan , ia mencuitkan bahwa kolong flyover Slipi yang tadinya kotor kini menjadi taman skateboard yang menarik. Mirip seperti taman-taman skateboard di AS.





Kolong tol bukan sekadar ruang sisa untuk tempat pembuangan, bila digarap dengan baik bisa menjadi ruang publik yang asyik.⁣ ⁣ Beberapa hari ini ramai kembali tentang sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sebenarnya sudah pernah dibersihkan oleh @dinaslhdki pada April tahun lalu, namun sayangnya warga masih saja membuang sampah di situ, sehingga berulang lagi beritanya tahun ini.⁣ ⁣ Membuang sampah ke kolong hanya menyembunyikan masalah, tidak menyelesaikan masalah. @dinaslhdki sudah menyiapkan TPS di Waduk Cincin utk menampung sampah warga, silakan kontak mereka atau laporkan ke @dkijakarta bila sampah di lingkunganmu mulai menumpuk, jangan disembunyikan ke tempat lain.⁣ ⁣ Kolong flyover Slipi juga tadinya kotor menjadi tempat pembuangan sampah, kini telah digarap menjadi taman skateboard yang menarik.⁣ ⁣ @dinaskehutanandki juga mengajak komunitas skateboard dan komunitas mural untuk memberikan sentuhan akhir pada taman ini.⁣ ⁣ Taman ini sebenarnya masih tahap finishing tapi teman-teman sudah bisa menjajalnya kok. Silakan ke sana dengan menggunakan @pt_transjakarta, turun di Halte Slipi Petamburan.⁣ ⁣ Teman-teman bisa menentukan sendiri wajah ibu kota ini, mau lebih banyak yg seperti di kolong tol Priok atau kolong flyover Slipi?⁣ ⁣ ⁣ ⁣ ⁣ Terima kasih @ijoeel untuk foto-fotonya.⁣ ⁣ #TamanSkateboard⁣ #Skatepark #flyover #Slipi⁣ #Petamburan⁣ #kolongtol⁣ #TamanMajuBersama
A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on
Dalam caption instagram pribadinya ini, Anies juga menjawab berita yang ramai dibicarakan yaitu mengenai sampah yang berada di kolong tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok. Anies menjelaskan bahwa sebenarnya tempat tersebut sudah pernah dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI pada bulan April 2018, namu ia menyayangkan masih saja warga membuang sampah di tempat tersebut.

Bak Amerika, Anies Sulap Kolong Slipi Jadi Taman Skateboard

"Teman-teman bisa menentukan sendiri wajah ibu kota ini, mau lebih banyak yg seperti di kolong tol Priok atau kolong flyover Slipi?" tulisnya sebagai penutup.

Seperti di AS, Anies Sulap Kolong Slipi Jadi Taman Skateboard

Seperti di AS, Anies Sulap Kolong Slipi Jadi Taman Skateboard

sumber: cnbcindonesia

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close