Walhi Tantang Jokowi Buka Kartu, Beber Orang-orang di Tim Suksesnya yang Kuasai Lahan Negara - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Walhi Tantang Jokowi Buka Kartu, Beber Orang-orang di Tim Suksesnya yang Kuasai Lahan Negara

Walhi Tantang Jokowi Buka Kartu, Beber Orang-orang di Tim Suksesnya yang Kuasai Lahan Negara

KONTENISLAM.COM - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menilai, capres 01 Joko Widodo perlu membuka kartu timnya sendiri yang memiliki tanah negara berstatus HGU (Hak Guna Usaha) seperti Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati mengatakan, kepemilikan lahan negara oleh elite bukan lagi rahasia.

Karenanya dia menegaskan, calon presiden pertahana seperti Jokowi seharusnya berani pula membuka kepemilikan lahan negara oleh orang-orang yang berada di dalam tim suksesnya.

"Ketika dia melontarkan kepada Pak Prabowo soal kepemilikan tanah ribuan hektar coba dia (Jokowi) lihat timnya (orang-orang di belakang Jokowi) ya, di tim pemerintahannya dia juga Jokowi, siapa aja yang memiliki lahan yang luas, berani enggak," tegas Nur Hidayati, yang ditemui di kantor WALHI, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019).

Anggota panelis debat pilpres kedua itu, menyarankan, agar Jokowi segera merilis nama-nama itu.

"Jadi jangan hanya lihat dilawannya (Prabowo) karena memang itu dari dulu sudah seperti itu. Tapi juga tim nya Jokowi yang berasal dari masa lalu kan juga harus berani (merilis)," kata dia.

"Itu bukan rahasia lagi dan saya pikir menarik juga kalau Jokowi mngkritisi timnya sendiri gitu," sambung perempuan berkacamata ini.

Diberitakan sebelumnya, dalam gelaran Debat Kedua Capres pada Minggu (17/2/2019), Jokowi sempat menyinggung tanah milik Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

Jokowi menyebutkan luas tanah milik calon presiden nomor urut 02 itu mencapai 340 ribu hektar. "Pak Prabowo memiliki lahan sangat luas di Kalimantan Timur 220.000 hektar. Juga di Aceh Tengah 120.000 hektar," ungkap Jokowi saat Debat Kedua Capres, seperti dikutip dari tayangan live Kompas TV.

Terkait kepemilikan lahan ratusan ribu hektar tersebut, Prabowo dikesempatan yang sama tak membantah. Namun, ia menjelaskan bahwa lahan yang disebut Jokowi berstatus Hak Guna Usaha (HGU).

"Tadi disinggung tentang tanah yang saya kuasai ratusan ribu (hektar) di beberapa tempat, Itu benar, tapi itu adalah HGU, itu adalah milik negara," kata Prabowo.

Prabowo menyatakan rela jika suatu saat tanah tersebut dikembalikan pada negara. "Jadi setiap saat negara bisa ambil kembali, dan kalau untuk negara saya rela mengembalikan itu semua," kata Prabowo Subianto.

sumber: tribunnews

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close