Menperin Akhirnya Akui Esemka Kerja Sama dengan Pabrik China


KONTENISLAM.COM - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menanggapi komentar yang menyebut Mobil Esemka yang diberi nama Bhima memiliki kemiripan dengan produk China, Changan Star Truck. Ia tidak menampik terdapat kerja sama antara Esemka dengan pabrikan tersebut.

 "Ya pasti, antara pabrikan itu punya kerja sama seperti dulu Proton pernah kerja sama dengan Suzuki Indonesia, sehingga impor completely knock down (CKD) dari Indonesia," katanya, Selasa (10/9/2019), seperti dilansir CNNIndonesia.

 Ia menilai kemiripan itu merupakan hal wajar karena dua pabrik tersebut memang memiliki kerja sama. Tak hanya pada Esemka, mobil buatan Vietnam, VinFast juga memiliki platform serupa dengan BMW. Pasalnya, Vietnam menggandeng pabrikan asal Jerman itu dalam memproduksi VinFast.

 "Ini bukan soal jiplak-jiplakan tapi multi sources (banyak sumber) dan banyak platform. Dan mereka punya kerja sama," imbuhnya.

 Untuk diketahui, beberapa desain eksterior antara produk Esemka dengan produk China, Changan Star Truck dianggap serupa. Bahkan, spesifikasi teknis juga menunjukkan kemiripan.

 Kemiripan antara lain terjadi pada mesin, Bima 1.2 yang memiliki jantung pacu E-Power I4 berkubikasi 1.243 cc DOHC dengan daya maksimum 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm. Mengutip situs resmi Changan Global, Star Truck juga dibekali mesin E-Power I4 1.243 cc DOHC, tenaga 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm.

 Kemiripan ini bukan pertama kali terjadi pada Esemka. Pada awal 2018 mobil berlogo Esemka dengan nama Garuda 1 sempat bikin geger setelah foto penampakannya tersebar di dunia maya. Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu berwarna putih.

 Penampakan Garuda 1 dinilai punya kemiripan dengan SUV asal China, Foday Landfort. Kedua produk ini memiliki banyak kesamaan di bagian eksterior. [CNNIndonesia]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close