Ada Menteri Lima Tahun tak Pernah Penuhi Panggilan Menko

Pelantikan Kabinet Indonesia Maju. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Agama Fachrul Razi,  Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (dari kiri) berfoto bersama sebelum pelantikan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang kabinet paripurna perdana di Istana Merdeka, Kamis (24/10) pukul 10.00 WIB. Rapat tingkat menteri ini dihadiri oleh seluruh 38 menteri dan pejabat tingkat menteri yang baru saja dilantik pada Rabu (23/10) kemarin. Dalam sidang kabinet kali ini, presiden meminta para menterinya untuk mengedepankan prinsip koordinasi antarkementerian.

Presiden mengingatkan bahwa setiap kementerian tak bisa berjalan dan menjalankan kebijakannya sendiri tanpa ada dukungan dari kementerian lain. Tak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan adanya peran menteri koordinator (menko) sebagai penghubung antarmenteri di bawahnya.

"Nggak mungkin menteri itu berjalan sendiri-sendiri. Kerja tim. Yang dikoordinasi oleh para menko. Jangan sampai ada lagi diundang menko, selama lima tahun hadir sekali aja tidak. Ada yang seperti ini. Saya juga baru dengar," ujar Jokowi, Kamis (24/10).

Jokowi juga meminta menteri-menterinya untuk tunduk pada kesepakatan rapat atau sidang kabinet yang bakal diikuti di waktu mendatang. Ia pun melarang jajaran menterinya menyampaikan pernyataan yang kontradiktif terhadap hasil rapat dan justru berlawanan antarkementerian. Jokowi pun mewati-wanti agar tidak ada kesan bahwa ada ketidaksepemahaman antarmenteri dalam Kabinet Indonesia Maju.

sumber: republika

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close