Bea Cukai Kualanamu Gagalkan Pengiriman 108 Ekor Satwa Dilindungi Tujuan China - Konten Islam

Bea Cukai Kualanamu Gagalkan Pengiriman 108 Ekor Satwa Dilindungi Tujuan China

Bea Cukai Kualanamu Gagalkan Pengiriman 108 Ekor Satwa Dilindungi Tujuan China

KONTENISLAM.COM - Petugas dari Bea Cukai Bandara Kualanamu menggagalkan pengiriman sebanyak 108 ekor burung berbagai jenis yang dilindungi dengan tujuan pengiriman Ghuangzhou, China.

Satwa dilindungi asal Surabaya itu diamankan petugas saat akan diberangkatkan ke Ghuangzhou melalui Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Ratusan ekor burung tersebut disita dari kargo pengiriman dan diserahkan kepada Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan di Kualanamu.

Hasil tangkapan tersebut kemudian diserahkan kepada pihak Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Sumatera Utara di Jalan Sisingamangaraja Medan.

Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi mengatakan satwa dilindungi jenis burung itu disita saat pemeriksaan di Bandara Kualanamu.

"Jumlahnya ada 108 ekor burung dengan rincian 17 ekor Kacer, 8 ekor Murai Daun, 77 ekor Pleci, 3 ekor Decu, 1 ekor Murai Batu dan 2 ekor Anis," kata Hotmauli Sianturi, Selasa (22/10/2019).

Menurut Hotmauli ratusan satwa dilindungi asal Surabaya itu dikirim dari Surabaya ke Medan dengan dimasukkan kedalam koper. Saat pemeriksaan menggunakan alat X-ray diketahui ternyata terdapat ratusan ekor burung.

"Petugas mengamankan ratusan burung tersebut pada Kamis (17/10/2019). Pengiriman dilengkapi dokumen dari Surabaya," jelas Hotmauli.

Pada hari ini, Selasa (22/10/2019) ratusan burung tersebut diserahkan pihak Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan ke pihak BKSDA Sumatera Utara.

"Dari 108 ekor burung yang diamankan, saat kami terima 60 ekor dinyatakan mati. Adapun burung yang masih hidup tersebut adalah 11 ekor Kacer, 7 ekor Murai Daun, 24 ekor Pleci, 3 ekor Decu, 1 Murai Batu dan 2 ekor Anis," terang Hotmauli.

Untuk tindak lanjut dari BKSDA, kata Hotmauli Sianturi, pihaknya telah melepas liarkan burung ke TWA Sibolangit.

"Hari ini juga kita telah melepas liarkan burung tersebut ke TWA Sibolngit," pungkasnya.[akurat]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel