BEM IPB: Aparat TNI dan Polri Dekati Kampus Redam Aksi Mahasiswa - Konten Islam

BEM IPB: Aparat TNI dan Polri Dekati Kampus Redam Aksi Mahasiswa

BEM IPB: Aparat TNI dan Polri Dekati Kampus Redam Aksi Mahasiswa

KONTENISLAM.COM - Presiden Mahasiswa BEM KM IPB, Muhammad Nurdyansyah, menegaskan bahwa penggembosan gerakan mahasiswa bukan sekadar isu. Menurutnya, penggembosan itu dilakukan secara berkolaborasi, antara oknum dengan pihak kampus.

Menurut Nurdyansyah, ada pihak-pihak berkepentingan yang tengah beraksi, dengan cara mendatangi kampus-kampus. Pihak itu, katanya, yaitu dari unsur Polri dan TNI, yang hendak mengendalikan situasi keamanan masa menjelang dan saat pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.

“Saya mungkin di IPB, bahwa pendekatan-pendekatan itu baik secara persuasif ataupun birokrasi, dari kampus, itu memang ada. Tapi itu awal mulainya dari aparat kepolisian sebenarnya. Dan juga dari aparat militer ya, TNI juga hadir di dalam kampus,” ungkap Nurdyansyah yang juga Koordinator Pusat BEM SI ini saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (16/10).

Nurdyansyah melanjutkan, pendekatan-pendekatan yang dilakukan pihak TNI dan Polri itu bentuknya beragam, salah satunya dalam bentuk jamuan makan bersama. Muaranya, tak lain agar kampus bisa turut meredam rencana-rencana aksi mahasiswa dalam kurun waktu 15-20 Oktober.

“Jadi upaya pendekatannya seperti ada jamuan, ada makan bersama, ada undangan,” katanya.

Namun begitu, Nurdyansah menegaskan bahwa mahasiswa berikut unsur birokrat IPB sampai saat ini masih independen. Katanya, para pimpinan IPB pun memiliki perhatian yang baik terhadap iklim kebebasan berpendapat di dalam kampus.

Perhatian atau komitmen itu, menurut Nurdyansyah, dipraktikkan dengan membatasi akses aparat keamanan ke mahasiswa.

“Kami bersama kampus itu menegakkan komitmen bahwa bagaimanapun, ketika mahasiswa mau bertemu dengan aparat itu harus sepengetahuan dari pihak kampus, supaya ada pendampingan,” bebernya. [kumparan]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel