Calon Kapolri Idham Aziz: Jangankan Niat, Mimpi Pun Kami Tidak - Konten Islam

Calon Kapolri Idham Aziz: Jangankan Niat, Mimpi Pun Kami Tidak

Calon Kapolri Idham Aziz: Jangankan Niat, Mimpi Pun Kami Tidak

KONTENISLAM.COM - Komisaris Jenderal Idham Aziz sama sekali tidak menyangka dirinya akan diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri.

"Tidak ada firasat, saya seperti yang istri saya bilang, jangankan niat, mimpi pun kami tidak," ujar Idham di Rumah Dinas Kabareskrim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Tanpa menyebutkan hari kejadian, Idham mengatakan dia dihubungi ADC atau pengawal pribadi Presiden Joko Widodo. Dia diminta menuju Istana Merdeka, Jakarta pukul 13.15 WIB.

"Karena saya pernah jadi Kapolda Metro jadi saya kenal ADC RI 1. Beliau hanya mengatakan, 'Bapak dimana? Saya (jawab) menuju ke KPK karena sedang berjanji bertemu dengan Agus Raharjo (Ketua KPK)'," jelasnya menceritakan.

Usai mendapat perintah itu, Idham pun membatalkan pertemuan dengan Agus Raharjo. Dia kemudian menuju rumah Dinas Kapolri yang saat itu dijabat Tito Karnavian.

Dia menghadap Tito untuk meminta arahan sebagai bawahan kepada atasan atas perintah dari Istana tersebut.

"Saya lapor beliau (Tito). 'Pak, saya tadi ditelepon sama ajudan, saya batalkan pertemuan dengan Agus Rahardjo'. Saya menghadap beliau (Tito), 'mohon petunjuk Pak Haji'. Saya panggil Pak Tito itu Pak Haji," urainya.

Usai pertemuan itu, Idham langsung menuju Istana untuk menghadap Presiden Jokowi. Saat itulah langsung diputuskan dia menjadi calon Kapolri.

"Beliau (Presiden) bertanya, 'Pak Idham pensiun kapan?' 'Saya pensiun tanggal 1 Februari 2021'. Beliau bilang, 'Ya sudah, saya sudah putuskan, nanti gantikan Pak Tito, kamu kerjakan ini, ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Tito Karnavian lepas jabatan sebagai Kapolri setelah dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri.

Hari ini, Idham Azis dan keluarga menerima pimpinan dan anggota Komisi III DPR di kediamannya. Ini bagian dari rangkaian uji kalayakan dan kepatutan terhadap dirinya yang sudah ditunjuk Presiden sebagai calon tunggal Kapolri. (Rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel