Di Sela Pertemuan GNB, Yordania, Mesir Dan Irak Bahas Sengketa Sungai Nil - Konten Islam

Di Sela Pertemuan GNB, Yordania, Mesir Dan Irak Bahas Sengketa Sungai Nil

Di Sela Pertemuan GNB, Yordania, Mesir Dan Irak Bahas Sengketa Sungai Nil

KONTENISLAM.COM - Di sela-sela pertemuan tingkat tinggi Gerakan Non-Blok (GNB), Menteri Luar Negeri dari Yordania, Mesir, dan Irak mengadakan pertemuan trilateral di di Baku, Azerbaijan, Jumat (25/10).

Dalam kesempatan itu, ketiganya membahas langkah-langkah lebih lanjut mengenai petemuan antara Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi, Raja Yordania Abdullah II, dan Presiden Irak Barham Salih di New York pada September lalu.

Dilansir dari Al Awsat, para menteri membahas cara meningkatkan hubungan ekonomi, pembangunan dan budaya, serta melanjutkan konsultasi politik di antara ketiga negara. Mereka juga membahas keamanan regional terkait Palestina, krisis Suriah, Yaman, dan Libya, serta perang melawan terorisme.

Selain itu, pertemuan itu juga dimanfaatkan Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry untuk membahas Grand Ethiopia Renaissance Dam (GERD). Dalam hal ini, Shoukry mengatakan bahwa Mesir berupaya mencapai kesepakatan yang mengikat yang menjamin hak-hak ketiga negara berdasarkan hukum internasional dan aturan legitimasi internasional. 

Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi dan Menteri Luar Negeri Irak, Mohamed al-Hakim pun telah menyatakan dukungan untuk Mesir dalam menjaga hak-haknya atas perairan Sungai Nil dan menyelesaikan perselisihannya dengan Ethiopia mengenai Bendungan Renaissance Besar Ethiopia (GERD) melalui negosiasi.

Ketiga menteri kemudian membahas persiapan konferensi tentang pembentukan zona Timur Tengah yang bebas dari senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya yang akan diadakan pada bulan November di New York. 

Mereka juga sepakat bahwa pertemuan menteri berikutnya akan diadakan di Amman pada bulan November, sebagai persiapan untuk pertemuan tiga pihak di antara para pemimpin ketiga negara di Baghdad. [rmol]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel