Divonis 1,6 Tahun, Tapi Gus Nur Tidak Ditahan - Konten Islam

Divonis 1,6 Tahun, Tapi Gus Nur Tidak Ditahan

Divonis 1,6 Tahun, Tapi Gus Nur Tidak Ditahan

KONTENISLAM.COM - Pengadilan Negeri (PN) Surabaya tidak menahan penceramah Sugi Nur Rahardja alias Sugi Nur. Vonis itu membuat ratusan pendukung Gus Nur yang datang dari berbagai kota di Indonesia langsung melakukan sujud syukur.

"Ini bentuk rasa syukur kami, walaupun divonis 1,6 tahun tapi Gus Nur masih bisa beraktivitas di luar," ujar koordinator pendukung Gus Nur, Zainudin Hidayat usai sujud syukur di Jalan Arjuna Surabaya, Jawa Timur, Kamis (24/10).

Kendati mengaku lega karena Gus Nur tidak ditahan, namun Zainudin sedikit kecewa karena Gus Nur divonis bersalah oleh majelis hakim. Sebab menurutnya, Gus Nur tidak bersalah dalam kasus video yang dilaporkan.

Untuk itu seperti dilansir dari RMOL Jatim, mereka mendukung langkah Gus Nur dan pengacara untuk melakukan banding.

"Ya, karena memang tidak sesuai dengan harapan kami memag harus bebas. Karena sesuai dengan pembelaan kami itu dengan fakta-fakta Gus Nur tidak berbuat kesalahan yang dituduhkan para pelapornya," pungkas Zainudin.

Majelis hakim yang diketuai Slamet Riyadi menjatuhkan vonis 1,6 tahun penjara terhadap Gus Nur. Hakim menyatakan Gus Nur telah terbukti bersalah mendistribusikan dan mentransmisikan video vlog berkonten ujaran kebencian yang dinilai mencemarkan nama baik Generasi Muda Nahdhatul Ulama (NU).

Kendati dinyatakan bersalah, majelis hakim menolak tuntutan jaksa yang meminta agar Gus Nur ditahan. Hakim menilai ancaman hukuman dalam pasal yang disangkakan ke Gus Nur di bawah 5 tahun, sehingga hakim mengabaikan tuntutan jaksa.

Atas vonis ini, Gus Nur langsung menyatakan menempuh upaya hukum banding. Banding tersebut dilakukan Gus Nur lantaran menganggap putusan hakim belum memenuhi rasa keadilan.(rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel