Dubes RI Untuk Amerika Dan Jepang Masuk Kabinet, Siapa Penggantinya? - Konten Islam

Dubes RI Untuk Amerika Dan Jepang Masuk Kabinet, Siapa Penggantinya?

Dubes RI Untuk Amerika Dan Jepang Masuk Kabinet, Siapa Penggantinya?

KONTENISLAM.COM - Kursi dua duta besar (dubes) yakni dubes Jepang dan dubes Amerika Serikat masih kosong.

Bukan tanpa alasan, mantan Dubes RI untuk Jepang, Arifin Tasrif diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral sementara mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar, ditunjuk sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah, posisi kosong yang ditinggalkan oleh para dubes pasti akan segera diisi dengan ketentuan-ketentuan yang telah berlaku.

"Mekanisme rotasi berjalan. Pos-pos yang seharusnya diisi sudah dipertimbangkan oleh presiden dan pos dubesnya dijadikan menteri dan wamen akan diisi," kata Teuku dalam briefing media di Kemenlu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

Teuku menambahkan, penggantian biasanya dilakukan dengan nominasi. Nantinya Kemenlu akan mengajukan nominasi orang-orang yang kompeten untuk mengisi pos-pos yang kosong ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Setelah itu, normalnya akan diadakan fit and proper test.

Namun, menurutnya, itu semua akan dilakukan setelah mendapatkan perintah atau keputusan dari Presiden Joko Widodo.

Untuk diketahui, Arifin Tasrif sendiri telah menjadi Dubes RI untuk Jepang sejak 2017, sedangkan Mahendra menjadi Dubes RI untuk AS sejak 2018.(rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel