Hari Kedua Kerja, dari 711 Anggota DPR Cuma 376 Orang Ikut Sidang Paripurna - Konten Islam

Hari Kedua Kerja, dari 711 Anggota DPR Cuma 376 Orang Ikut Sidang Paripurna

Hari Kedua Kerja, dari 711 Anggota DPR Cuma 376 Orang Ikut Sidang Paripurna

KONTENISLAM.COM - Baru memasuki hari kedua kerja setelah dilantik, Rabu (2/10/2019), ruang sidang paripurna di gedung DPR RI terbilang lengang. Sebab, banyak wakil rakyat terhormat yang baru dilantik Selasa (1/10), tidak masuk.

Dalam agenda rapat paripurna MPR RI yang dipimpin oleh pimpinan sementara Hillary Brigita Lasut – Abdul Wahab itu tercatat hanya dihadiri oleh 376 anggota dewan.

Padahal, total anggota dewan yang dilantik yakni sebanyak 711 orang, dengan rincian 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD. Imbasnya, tak sedikit kursi ruang paripurna kosong.

"Berdasarkan catatan sekretariat jenderal, hingga saat ini sudah hadir 376 dari 711 Anggota MPR dan sudah menandatangani absen. Maka sidang dapat dimulai dan terbuka untuk umum," kata Hillary.

Sebagai perbandingan, pantauan Suara.com, pada hari pertama kerja kemarin, baik anggota DPR maupun DPD terlihat sangat bersemangat.

Mereka bak dikejar waktu untuk menyelesaikan secara segera agenda pelantikan pimpinan di masing-masing lembaga tersebut.

Bahkan, pemilihan sekaligus pelantikan pimpinan DPR yang dijadwalkan Selasa pukul 19.00 WIB malam kemarin, habis diselesaikan sekitar pukul 22.00 WIB.

Hasilnya, Puan Maharani terpilih sebagai Ketua DPR RI. Sedangkan untuk posisi Wakil Ketua DPR diisi oleh Aziz Syamsudin (Partai Golkar); Sufmi Dasco Ahmad (Partai Gerindra); Rachmat Gobel (Partai Nasdem); dan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dari PKB.

Sementara pelantikan pimpinan DPD periode 2019-2024 lebih banyak memakan waktu ketimbang DPR. Agenda pemilihan yang berjalan selama tiga jam tersebut dihujani banyak interupsi, hingga akhirnya La Nyalla Mattalitti terpilih sebagai Ketua DPD RI melalui mekanisme voting.

Tak sampai di situ, pemilihan pimpinan SPD yang selesai sekitar pukul 23.00 WIB masih terus berlanjut hingga hari berganti.

Rapat diskor untuk menunggu kehadiran Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali yang baru tiba pada Rabu (2/10) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.[suara]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @kontenislamcom

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel