Ini 14 Putra-Putri Papua Peroleh Beasiswa Ke Rusia - Konten Islam

Ini 14 Putra-Putri Papua Peroleh Beasiswa Ke Rusia

Ini 14 Putra-Putri Papua Peroleh Beasiswa Ke Rusia

KONTENISLAM.COM - Indonesia patut bangga dengan putra-putrinya yang berhasil mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Seperti halnya kepada 14 anak bangsa yang berhasil mendapatkan beasiswa dari pemerintah Rusia.

Jumat (25/10), 14 mahasiswa Indonesia asal Papua disambut hangat oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow dan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Pemira). Mereka bersuka cita karena dapat melanjutkan pendidikan untuk program S1 maupun S2 dari pemerintah Rusia.

"Kami sangat berterima kasih karena kami disambut dengan ciri khas orang Indonesia, kekeluargaan," ujar seorang mahasiswa yang akan belajar di Orel State University, Resina Lokbere seperti yang dimuat di laman Kementerian Luar Negeri, Senin (28/10).

Selain Resina, ada 10 mahasiswa lain yang akan menimba ilmu di luar Moskow,  seperti di Kaliningrad, Tula, St. Petersburg, Kazan, Orel, Voronezh, Volgograd, Petrozavodsk, Cherepovetsk, dan Tomsk di Siberia barat.

Meski dengan suhu udara Rusia yang dingin, tidak membuat semangat para mahasiswa ini luntur. Sebaliknya, semangatnya terlihat di wajah mereka untuk menimba ilmu dengan berbagai jurusan yang diambil, mulai dari teknik lingkungan, hubungan internasional, kimia, ilmu politik, teologi, antropologi, hingga psikologi.

Menurut Wakil Kepala Perwakilan RI di Rusia merangkap Belarus, Azis Nurwahyudi, ia dan Indonesia sangat gembira dan bangga atas kedatangan mahasiswa asal Papua. Mereka tidak hanya sekadar belajar, namun juga bertindak sebagai diplomat yang mempromosikan bangsa dan negara Indonesia di luar negeri, khususnya Rusia.

Kami berharap mahasiswa Indonesia dapat sukses belajar di Rusia dan suatu saat kembali ke Tanah Air turut membangun bangsa Indonesia, serta mempererat hubungan antara bangsa Indonesia dengan Rusia," katanya.

Setiap tahunnya, pemerintah Rusia memberikan setidaknya 160 beasiswa kepada WNI untuk belajar di perguruan tinggi Rusia. Tahun ini, ada sekitar 650 mahasiswa Indonesia, termasuk mahasiswa baru yang belajar di Rusia dan tersebar di seluruh wilayah negara terluas di dunia itu. (Rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel