Ini Daftar Harta Menteri Jokowi, Prabowo Paling Kaya

Ini Daftar Harta Menteri Jokowi, Prabowo Paling Kaya

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widowo telah melantik dan mengenalkan para menterinya di Kabinet Indonesia Maju pada hari Rabu, 23 Oktober 2019. Sebagian menteri itu juga telah lakukan serah terima jabatan di kementeriannya masing-masing.

Komposisinya, Presiden Jokowi mengangkat menteri dari unsur partai maupun non partai atau profesional. Kendati berasal dari unsur yang tidak sama, para menteri ini tetap diwajibkan melaporkan harta kekayaannya kepada KPK.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi, rata-rata menteri Jokowi-Maruf Amin miliki harta miliaran. Bahkan ada menteri yang memiliki harta hingga triliunan rupiah. Berikut daftarnya seperti dilansir dari VIVAnews.

Dari yang Tertinggi:

1. Prabowo Subianto

Calon rival Jokowi di Pilpres 2019 yang kini menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto tercatat yang memiliki total harta kekayaan paling tinggi. Hartanya mencapai Rp1,95 triliun. Harta ini berdasarkan dari LHKPN yang Prabowo laporkan pada 9 Agustus 2018.

2. Luhut Binsar Panjaitan

Menteri Luhut Binsar Panjaitan kembali diamanahkan Jokowi sebagai Menko Maritim dan Investasi. Berdasar LHKPN pada 2015, total harta kekayaan purnawirawan jenderal TNI itu sebesar Rp660 miliar.

3. Agus Gumiwang

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang tercatat bahwa terakhir melaporkan hartanya ke KPK pada Maret 2019. Dalam laporannya, total kekayaan Agus mencapai Rp220 miliar.

4. Jhonny Plate

Berdasarkan LHKPN pada 31 Desember 2019, tercatat bahwa total harta Menteri Komunikasi dan Informasi Jhonny Plate mencapai Rp 126 Miliar.

5. Muhajir Effendi

Berikutnya adalah Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi, yang sebelumnya menjabat Menteri Pendidikan. Ia tercatat memiliki total harta sebesar Rp84 miliar. Harta tersebut berdasarkan LHKPN tahun 2017.

6. Airlangga Hartarto

Politikus Partai Golkar yang ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto terakhir melaporkan harta kekayaan kepada KPK pada April 2019. Berdasarkan laporan itu total harta mantan Menteri Perindustrian ini mencapai Rp81 miliar.

7. Sofyan Djalil

Sofyan Djail ditunjuk sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang di Kabinet Indonesia Maju. Pada kabinet pertama Jokowi yakni Indonesia Kerja, Sofyan pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan Menteri Perencanaan Pembangungan Nasional. Berdasar laporan LHPKN-nya, Sofyan Djalil tercatat memiliki harta Rp73 miliar.

8. Terawan Agus Putranto

Jokowi telah menunjuk Kepala RSPAD Gatot Seobroto, dr Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan pada kabinet Indonesia Maju. Berdasar LHKPN yang dilaporkan Terawan pada 7 Juni 2018, dokter unsur TNI tersebut tercatat miliki harta Rp67 miliar.

9. Sri Mulyani

Petahana Menteri Keuangan Sri Mulyani tercatat laporkan harta kekayaan kepada KPK pada 25 Maret 2019. Itu untuk periodik 2018. Berdasar LHKPN-nya total kekayaan Sri Mulyani mencapai Rp46 miliar.

10. Budi Karya Sumadi

Pada 31 Desember 2018, petahana Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperbarui laporan hartanya di KPK. Berdasarkan LHKPN tersebut, total kekayaan Budi tercatat mencapai Rp38,4 miliar.

11. Bambang Brodjonegoro

Jokowi menunjuk Bambang Brodjonegoro jadi Menristek dan Kepala Badan Riset di kabinet Indonesia Maju. Bekas Menteri Keuangan itu berdasarkan LHKPN miliknya yang diperbarui pada 31 Desember 2019, tercatat miliki harta kekayaan sebesar Rp29,2 miliar.

12. Yasonna Hamonangan Laoly

Petahana Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly tercatat teranyar melaporkan hartanya pada 2018. Politikus PDIP itu berdasarkan LHKPN miliknya mencapai Rp23 miliar.

13. Ida Fauziyah

Ida Fauziah ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Ketenagakerjaan di kabinet Indonesia Maju. Berdasarkan LHKPN2018, Ida Fauziyah tercatat mempunyai harta Rp19,8 miliar.

14. Basuki Hadimuljono

Petahana Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terakhir melaporkan hartanya kepada KPK pada 2018. Berdasar LHKPN miliknya Basuki tercatat punya harta kekayaan mencapai Rp18 miliar.

15. Syahrul Yasin Limpo

Politkus Nasdem yang kini menjabat Menteri Pertanian tersebut terakhir kali melaporkan harta kekayaan kepada KPK pada Maret 2019 lalu. Tercatat Syahrul Yasin Limpo memiliki kekayaan senilai Rp18 Miliar.

16. Zainuddin Amali

Politikus Partai Golkar ini ditunjuk Presiden Jokowi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Berdasarkan LHPKN miliknya di KPK pada tahun 2018, Zainuddin Amali yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR RI itu tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp17,9 miliar.

17. Mahfud MD

Menko bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD tercatat terakhir melaporkan hartanya pada 2013. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) sekaligus bekas anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp15 miliar.

18. Retno Marsudi

Retno Marsudi kembali diamanahkan untuk meneruskan jabatan sebagai Menteri Luar Negeri oleh Presdien Jokowi. Berdasarkan LHKPN miliknya yang dilaporkan pada 3 April 2018, tercatat mantan Dubes RI untuk Belanda itu punya harta sebesar Rp15 miliar.

19. Suharso Monoarfa

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa berdasarkan LHKNP miliknya tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp13,3 miliar.

Sebelum ditunjuk Menteri oleh Jokowi di kabinet Indonesia Maju, Plt Ketum PPP tersebut pernah penjabat anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

20. Tito Karnavian

Mantan Kapolri yang kini ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri ini teranyar melaporkan harta kekayaannya kepada KPK pada 17 Maret 2016. Harta Tito Karnavian mencapai Rp10,2 miliar.[viva]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close