Ini Prediksi Nama-Nama Menteri Jokowi-Ma’ruf - Konten Islam

Ini Prediksi Nama-Nama Menteri Jokowi-Ma’ruf


KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengatakan telah rampung menyusun kabinet 2019-2024. Spekulasi publik soal nama calon menteri pendamping Presiden Jokowi ramai dibicarakan oleh publik.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, memprediksi sejumlah nama menteri yang akan membantu Jokowi dalam menjalankan pemerintahan. Ia memulai dari incumbent yang menurutnya akan terima menghiasi kabinet Jilid II.

Qodari memprediksi Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, tetap akan dipertahankan oleh Jokowi. Kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, juga diprediksi akan tetap menjadi membantu Jokowi.

Kemudian Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Bappenas. Ia disiapkan blue print pemindahan Ibu Kota, sebab jika diganti maka akan terjadi ketidaksinambungan mengenai wacana tersebut.

Qodari lalu memprediksi beberapa nama dari partai politik. Dari PDI Perjuangan, Qodari memprediksi Ryamizard Ryacudu dan Budi Gunawan. Dari Golkar Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang Kartasasmita akan kembali menjabat.

Sementara, dari PKB ia menyebut Hanif Dakhiri. Sedangkan nama menteri dari Partai NasDem dia memprediksi Victor Laiskodat. Dari PPP ada Soeharso.

Qodari juga memprediksi menteri dari partai pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 lalu. Ini jika partai itu bergabung ke koalisi Jokowi.

“Gerindra ada Prabowo dan Edhy Prabowo. Kalau Demokrat saya tak berani simpulkan karena kalau di Demokrat itu nama pasti tapi kursi belum pasti,” ujar Qodari di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

Tak hanya itu, Qodari juga memprediksi Prabowo Subianto akan menghiasi kabinet Jilid II Jokowi-Ma’ruf. Prabowo dinilai ingin membuktikan ide dan gagasan terkait kedaulatan pangan, ketahanan, dan energi.

“(Prabowo) beliau ini kan tentara tulen dan menurut saya beliau ingin masuk dalam pemerintah dan mengesekusi ide-ide mengenai pertahanan yang ada di kepala beliau,” kata Qodari.

Sementar, Pengamat Politik Hendri Satrio turut memprediksi menteri petahana yang akan kembali dipilih oleh Jokowi. Di antaranya Budi Karya Sumadi, Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti.

Ia juga menebak jumlah kursi yang akan diberikan kepada masing-masing parpol mendukung Jokowi-Ma’ruf. PDI Perjuangan mendapat 8 kursi, kemudian NasDem dan Golkar mendapat 3 kursi. Sementara PKB mendapat 2 jatah.

“Sisanya itu PPP antara dapat dan tidak, mungkin kepala badan, tapi wakil menteri saya kira banyak,” kata Hendri di lokasi yang sama. [ns]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel