Jalan Ditutup saat Pelantikan Jokowi, Omzet Pedagang Turun - Konten Islam

Jalan Ditutup saat Pelantikan Jokowi, Omzet Pedagang Turun


KONTENISLAM.COM - Kompleks MPR/DPR menggelar hajatan besar pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Namun sejumlah pedagang di sekitar gedung wakil rakyat justru mengeluhkan penghasilannya turun saat berjualan di hari pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Minggu (20/10).

Pelantikan Jokowi mendapat pengamanan ketat dari personel TNI dan Polri. Sejumlah ruas jalan di sekitar Gedung DPR bahkan telah ditutup sejak Kamis lalu.

Salah satu jalan yang ditutup adalah Jalan Gatot Soebroto dari arah flyover Ladokgi, tempat Dede (51) berjualan es cincau.

Dede sebenarnya tidak terlalu sering berjualan di flyover Ladokgi. Ia hanya sesekali datang saat ada keramaian, seperti hari ini. Namun bukannya untung yang didapat, Dede justru mengaku penghasilannya menurun.

Kata Dede, dia biasa membawa pulang hingga Rp500 ribu saat berjualan di keramaian. Jualannya pun tak lama. Saat ada keramaian, dia mengaku hanya berjualan sekitar 1 hingga 2 jam. Dagangannya selalu cepat habis. Namun hari ini ia mengaku sudah berjualan sejak 11.00 WIB, dan dagangannya masih banyak.

"Sepi sih ini. Kalau ramai kan cuma sebentar biasanya. Ini sih kayaknya di bawah Rp500-[ribuan]an lah," ungkapnya.

Sama seperti Dede, Junadi (37) juga mengaku penghasilannya berkurang. Junaidi yang biasa berjualan di Sudirman, sesekali datang ke flyover Ladokgi saat ada keramaian. Di sana dia menjajakan rujak. 

Ia bercerita biasanya meraup untung bersih Rp100ribu-an jika berjualan di flyover Ladokgi. Namun berharap ramai hari ini, dagangan Junadi malah sepi.

"Sepi nih. Sabar saja lah. Ini kan jalanan juga sepi," ucapnya.

Tak semua pedagang penghasilannya menurun. Di kawasan Medan Merdeka Barat, dekat Istana Negara, ratusan pedagang justru mendapat 'durian runtuh'.

Sekitar 160 pedagang nasi goreng diborong oleh para relawan Jokowi. Mereka diminta menjajakan dagangannya secara gratis kepada masyarakat.

Sofi, Panitia Koordinator Konsumsi dari kelompok relawan Jokowi yang mengkoordinir ratusan pedagang nasi goreng di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, menyebut acara bagi-bagi nasi goreng ini merupakan langkah untuk menyambut Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin seusai dilantik.

"Pak Jokowi kan inginnya kegiatan ini sederhana, khidmat. Cuma kayaknya kalau Pak Jokowi lewat, selayaknya orang habis dilantik saja disambut. Masa kita relawan tidak menyambut," tuturnya.

Sofi mengatakan pesta nasi goreng itu merupakan insiatif dari kelompoknya yang terdiri dari 35 ribu relawan dari 458 organisasi masyarakat. Biaya konsumsi ditanggung oleh kelompoknya. [cnn]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel