Keraton Yogya Tak Beri Izin Muslim United di Masjid Gedhe, Ini Kata Panitia

Keraton Yogya Tak Beri Izin Muslim United di Masjid Gedhe, Ini Kata Panitia

KONTENISLAM.COM - Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tak memberikan izin penggunaan KgD Masjid Gedhe Keraton (Kauman), Ndalem Pengulon, dan Alun-alun Utara sisi barat untuk kegiatan Muslim United. Apa respon panitia acara terkait keputusan itu?

Ketua Panitia Muslim United 2019, Nanang Syaifurozi, mengatakan pihaknya sudah menerima surat yang dikeluarkannya pihak Keraton Yogya. Surat itu berisi keputusan pihak Keraton yang belum dapat memberikan izin penggunaan Masjid Gedhe Kauman.

"Sudah, sudah," kata Nanang menjawab pertanyaan apakah pihak panitia Muslim United sudah menerima surat yang ditandatangani Pengageng Kawedanan Hageng Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, GKR Condrokirono.

Hal itu disampaikan Nanang saat ditemui detikcom di kediamannya di Condongcatur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (2/10/2019).

Nanang menjelaskan Muslim United 2019 merupakan acara kedua setelah acara pertama tahun lalu. Untuk tahun ini, katanya, pihaknya telah mempersiapkan keperluan acara jauh-jauh hari, termasuk dalam mengajukan peminjaman Alun-alun Utara.

Sebenarnya pihak panitia mengajukan permohonan penggunaan Alun-alun Utara Kota Yogyakarta untuk tanggal 4-6 Oktober 2019. Namun karena pada tanggal tersebut ada kegiatan di sana, maka acara Muslim United diundur tanggal 11-13 Oktober.

"Jadi waktu itu (penggunaan Alun-alun Utara tanggal 11-13 Oktober 2019) sudah mendapatkan izin dari Gusti Hadi (KGPH Hadiwinoto), beliau mengeluarkan suratnya, nggak ada masalah. Terus kita lanjut semuanya nih, paralel," tutur Nanang.

"Kemudian muncul surat dari Gusti Condrokirono yang itu malah secara keseluruhan, bahkan Masjid Gedhe pun tidak boleh digunakan," sambungnya.

Sementara ini Nanang tak ingin tergesa-gesa menanggapi surat dari Kawedanan Hageng Panitrapura itu.

"Jadi kita posisi wait and see, gitu. Kita tidak mau bikin sesuatu pernyataan yang terus menentang atau bagaimana, ndak," pungkas dia. [detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @kontenislamcom

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close