Konflik Wamena, Warga Minang Minta Copot Gelar Adat Kapolri Tito

Konflik Wamena, Warga Minang Minta Copot Gelar Adat Kapolri Tito

KONTENISLAM.COM - Masyarakat Minang yang tergabung dalam Forum Awak Minang (FAM) mendesak Suku Sikumbang Kamang dari Sumatra Barat untuk mencabut gelar adat yang diberikan kepada Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian.

Koordinator FAM Firdaus Nuzula menyebut gelar yang dianugerahkan pada 2017 itu menjadi tidak relevan saat ini karena kepolisian telah gagal melindungi masyarakat Minang di Papua hingga menelan korban jiwa.

"Diberikan gelar adat, artinya ada amanah untuk melindungi masyarakat Minang yang merantau di Papua," kata Firdaus, Rabu (2/10).

Menurutnya, Tito telah gagal dalam melakukan pengamanan dalam meredam konflik yang terjadi di tanah Papua. Selain itu, ia juga menilai kepolisian tidak dapat memprediksi dampak dari konflik yang terjadi.

Pihaknya mengaku tidak dapat mendesak lebih jauh untuk pencabutan jabatan Kapolri karena merupakan hak dari Presiden. Pencabutan gelar tersebut dapat dikatakan sebagai hukuman adat dari masyarakat Minang.

"Ini hukuman adat, itu (pencabutan jabatan) tanggung jawab Presiden. Kami sepenuhnya serahkan kepada Presiden RI," imbuhnya.

Diketahui, April 2017 silam, Kapolri Tito Karnavian mendapatkan gelar kehormatan Minangkabau dari Suku Sikumbang Kamang Mudiak di Sumatra Barat.

Kala itu, Tito beserta istrinya Tri Suswati yang mendapat gelar sasangko itu dipasangkan mahkota kehormatan, keris dan juga tongkat. Gelar tersebut mengartikan seseorang telah berjasa bagi Minangkabau.

Sebelumnya, Sebanyak 10 perantau Minang diketahui meninggal dalam kerusuhan di Wamena. Delapan jenazah dipulangkan ke kampung halaman dan dua jenazah dimakamkan di Papua. [cnnindonesia]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @kontenislamcom

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close