KPK Singapura Dilibatkan Buru Sjamsul Nursalim dan Istri



KONTENISLAM.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Alexander Marwata mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) Singapura terkait status Daftar Pencarian Orang Sjamsul Nursalim dan istrinya, Itjih Nursalim. Hal itu dilakukan lantaran keduanya lama tinggal di Singapura.

"Saya dengar yang bersangkutan kan sudah jadi warga negara permanen di Singapura, kami sudah koordinasi dengan CPIB, KPK-nya Singapura, itu kami sampaikan surat-suratnya (DPO) sudah. Ya sudah kita tunggu saja," kata Alexander di kantornya, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 1 Oktober 2019.

Sjamsul dan Itjih ditetapkan sebagai buronan, karena tak pernah menghadiri panggilan pemeriksaan KPK terkait kasus penerbitan surat keterangan lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) terhadap Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI).

Alex berharap, pihak CPIB dapat membantu KPK untuk mendatangkan kedua tersangka tersebut. Namun jika tidak, penyidik lembaga antirasuah akan meminta CPIB mendampingi pemeriksaan Sjamsul dan Itjih di Singapura.

"Kalau dapat didatangkan itu lebih baik, kalau tidak bisa misalnya diperiksa di kantor CPIB juga akan membantu. Intinya kami butuhkan keterangan yang bersangkutan," kata mantan hakim Pengadilan Tipikor tersebut.

KPK telah menetapkan Sjamsul dan Itjih sebagai tersangka sejak 10 Juni 2019. Namun, setelah penetapan tersangka, keduanya tak pernah menghadiri pemeriksaan KPK, yakni pada Jumat, 28 Juni 2019, dan Jumat, 19 Juli 2019.

Padahal surat panggilan telah dikirimkan ke lima alamat di Indonesia dan Singapura. Selain itu, tim KPK meminta Kedutaan Besar Republik Indonesia mengumumkannya di papan pengumuman kantor KBRI Singapura.[viva news]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @kontenislamcom

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close