Mahfud MD Larang Pengkafiran Terucap dalam Masjid - Konten Islam

Mahfud MD Larang Pengkafiran Terucap dalam Masjid



KONTENISLAM.COM - Menko Polhukam Mahfud MD memberikan peringatan tegas agar seluruh masjid di wilayah kantor pemerintah hanya mensyiarkan isi ceramah terkait kedamaian dan kesejukan, bukan sebaliknya.

Mahfud berkata, masjid bukan tempat untuk membangun permusuhan dan pertentangan. Masjid adalah rumah bagi persaudaraan dan kesejukan. Demikian seperti dilansir dari Minews.id, Sabtu (26/10/2019).

“Pesan saya ke masjid, agar dikelola secara baik sebagai pembawa pesan agama. Apa pesan agama paling pokok? Membangun kedamaian di hati, membangun persaudaraan sesama umat manusia,” ujar Mahfud di Jakarta, Jumat 25 Oktober 2019.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga mengingatkan, masjid tidak boleh menyampaikan hal-hal yang dapat mengadu domba masyarakat. Masjid juga tidak boleh menjadi rumah bagi kelompok takfiri, yakni kelompok yang menganggap semua pihak berseberangan dengan pemahamannya sebagai musuh atau kafir.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara Pancasila harus menjamin kehidupan keberagaman secara penuh. Masjid harus menangkap bibit-bibit permusuhan yang disebabkan karena masalah sepele, seperti perbedaan pandangan.
Mahfud menuturkan, umat Islam semestinya bangga karena hampir seluruh kantor pemerintahan dilengkapi bangunan masjid. Dia menceritakan pada 1980-an, orang-orang menganggap bangunan masjid di kantor pemerintah sebagai hal yang tak biasa.

“Hampir setiap kantor pemerintah ini punya masjid. Jadi orang Islam itu harus berbangga karena di tahun 80-an, kantor pemerintah itu kalau punya masjid dianggap aneh. Dulu kegiatan keagamaan di kantor-kantor dianggap mengganggu, dianggap kurang sejalan dengan kehidupan modern,” ujar Mahfud.

Tak hanya masjid, Mahfud juga menyampaikan bahwa ia sama sekali tak melarang jika ada kantor pemerintah yang membangun gereja atau pura, dan rumah ibadah lainnya. Baginya itu wajar, karena pemerintah sewajibnya menyediakan sarana dan prasarana ibadah untuk membangun persaudaraan. [law-justice] 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel