Membaca Alasan Jokowi Merangkul Prabowo - Konten Islam

Membaca Alasan Jokowi Merangkul Prabowo

Membaca Alasan Jokowi Merangkul Prabowo

KONTENISLAM.COM - Akademisi Universitas Sumatera Utara  Agus Suriadi menilai jika Presiden Joko Widodo benar-benar memasukkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke kabinet baru, hal itu menggambarkan Prabowo memiliki kekuatan yang tak bisa diremehkan begitu saja.

"Prabowo dinilai masih memiliki kekuatan yang musti dirangkul," kata Agus kepada Akurat.co, Senin (21/10/2019), malam.

Tetapi menurut Agus seharusnya Prabowo tetap menjaga kepercayaan pendukungnya. Sebagian warga mendukung Prabowo karena kurang puas dengan kepemimpinan Jokowi.

"Seharusnya ini bisa menjadi pertimbangan bagi Prabowo untuk terus memelihara kepercayaan masyarakat yang sudah menaruh perhatian yang besar terhadap beliau," katanya.

Agus mengatakan di luar pemerintahan sebenarnya Prabowo tetap bisa berkontribusi untuk bangsa.

"Justru kalau itu bisa dilakukan oleh Prabowo (berada di luar kabinet) tentu saja beliau bisa tetap menjaga pemilihnya benar-benar solid dibandingkan hanya sekedar kekuasaan yang dikejar," kata Agus.

Akademisi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Faisal Riza mengatakan keputusan Prabowo merapat ke Istana bisa dimaknai sebagai pendekatan sharing power.

"Walaupun ini praktek agak aneh, dimana kontender justru merapat pada lawannya," kata Riza.

Tetapi, kata Riza, bisa juga dimaknai sebagai skema lanjutan rekonsiliasi yang terjadi antara Prabowo dan Jokowi.

"Ini kompensasinya. Yang lalu kan ada pertemuan pasca pilpres. Rekonsiliasi nasi goreng dan seterusnya. Nah ini lanjutannya," ujarnya.

Menurut dia kondisi ini memunculkan kekhawatiran karena tidak ada poros kritik terhadap pemerintah. Absennya poros ini akan memudahkan munculnya kecenderungan kekuasaan yang absolut.

"Meskipun begitu biasanya tetap ada gerakan civil society yang mungkin bisa diharapkan mengkritisi secara konstruktif jalannya pemerintahan," kata Riza. [akurat]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel