Menanti Gagasan Macan Asia Prabowo Subianto - Konten Islam

Menanti Gagasan Macan Asia Prabowo Subianto

Menanti Gagasan Macan Asia Prabowo Subianto

KONTENISLAM.COM - Manager Riset FITRA, Badiul Hadi, menilai penempatan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan sudah tepat. Hanya saja, publik perlu menunggu ide gagasan Macan Asia Prabowo akan diterapkan dalam tataran kedaulatan pertahanan.

“Kan itu aja sebenarnya. Pak Prabowo background tentara, tentu punya kebijakan strategis tentang pertahanan,” kata Hadi saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (23/10).

Dia menjelaskan, pemerintahan akan berjalan dengan baik jika diberikan kepada ahlinya. Termasuk posisi menteri pertahanan. “Posisi itu akan menjadi baik ketika diisi oleh orang yang punya kapasitas di bidang itu,” kata dia.

Terlepas dari semua kontroversi maupun kekecewaan sebagain pendukungnya, Hadi menilai gebrakan Prabowo di bidang pertanian patut ditunggu. “Soal pas atau tidaknya, kita akan melihat bagaimana dia ke depan,” ucapnya.

Sementara, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syamsuddin Haris, menyinggung keberadaan UUD 1945 Terkait kewajiban Menteri Pertahanan bersama dua menteri lainnya dalam menggantikan tugas presiden dan wakil presiden dalam kondisi tertentu. Hal itu termaktub dalam Pasal 8 Ayat 3 UUD 1945.

Dalam pasal itu disebutkan jika Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan maka akan diganti. Pelaksana tugas Kepresidenan adalah Menteri Luar Negeri, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pertahanan secara bersama-sama.

Dia mengaku tak khawatir, namun bisa saja Jokowi lupa mempertimbangkan keberadaan pasal tersebut saat mengangkat Prabowo Jadi Menteri Pertahanan. “(Mungkin) Jokowi lupa akan adanya UUD 1945 itu,” kata Haris.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai Menteri Pertahanan dalam kabinet Indonesia maju pada Rabu (23/10). Prabowo menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Ryamizard Ryacudu. [ns]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel