Menteri Enggar Diminta Hadiri Persidangan, KPK: Dipanggil Penyidik Saja Sulit - Konten Islam

Menteri Enggar Diminta Hadiri Persidangan, KPK: Dipanggil Penyidik Saja Sulit

Menteri Enggar Diminta Hadiri Persidangan, KPK: Dipanggil Penyidik Saja Sulit

KONTENISLAM.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan telah berupaya melakukan pemanggilan terhadap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Hanya saja yang bersangkutan kerap mangkir dari panggilan pemeriksaan, tercatat sudah tiga kali mangkir.
Hal itu juga dilakukan untuk menyikapi permintaan terdakwa suap dan gratifikasi distribusi pupuk, Bowo Sidik Pangarso (BSP) untuk menghadirkan Enggar di persidangan.

"Untuk saksi Mendag Enggar ini memang sudah beberapa kali kami panggil pada tahap penyidikan, dan yang bersangkutan tidak hadir. KPK sangat menyayangkan karena kami pandang ketidakhadiran seorang penyelenggara negara, apalagi setingkat menteri itu bukanlah contoh yang baik," kata Jurubicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/10).

Seharusnya, kata Febri, Enggar sebagai pejabat negara emmberikan contoh yang baik untuk taat hukum.

Tak hanya Enggar, KPK juga menyesalkan sejumlah pejabat di Kemendag yang juga tak kooperatif saat dimintai keterangan dalam kasus yang berbeda.

"Kalau di Kemendag bukan hanya terjadi di unsur menteri saja, tetapi beberapa pejabat di Kemendag juga tidak cukup koperatif dalam memenuhi panggilan penyidik. Tidak hadir beberapa kali dan akan kami panggil kembali," tegas Febri.

Untuk menghadirkan Mendag Enggar dalam persidangan kasus Bowo Sidik, pihaknya masih menunggu pertimbangan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. Menurutnya, ketika sudah ada kesimpulan maka akan diinformasikan lebih lanjut oleh KPK.

Perlu kami pertimbangkan lebih lanjut kebutuhan pembuktian di persidangan. Jaksa akan mempertimbangkan, apakah seorang saksi perlu dihadirkan atau tidak. Nanti kalau sudah ada, kami informasikan soal Mendag ini," kata Febri.

Di sisi lain, batas waktu penahanan Bowo Sidik sudah habis. "Kami wajib untuk segera melimpahkan ke penuntutan," demikian Febri. (Rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @kontenislamcom

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel