Pemprov Sumbar Patungan Untuk Pulangkan Perantau Di Wamena



KONTENISLAM.COM - Sepulang dari Jayapura, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit langsung mengelar konferensi pers dengan kalangan media di kantor Gubernur Sumbar.

Dari hasil peninjauannya, saat ini perantau asal Minang di Wamena menyatakan akan pulang kampung.

"Melihat perkembangan akhir, para perantau mau pulang kampung semuanya. Jumlah yang terdata saat ini terus bergerak, dari data terakhir ada 172 orang yang sudah berada di Jayapura dan 1.298 masih berada di Wamena," ujar Wagub Nasrul Abit, Senin sore (30/9).

Ia melanjutkan, para perantau yang masih berada di Wamena nantinya akan dipulangkan menggunkan pesawat Hercules milik angkatan udara. berdasarkan informasi dari Danlanud Silas Papare Jayapura, akan disiapkan 3 unit Hercules untuk mengangkut warga yang ingin mengungsi ke Jayapura.

"Jumlahnya maksimal 200 orang akan diberangkatkan dengan pesawat. Jika lebih dari 200 orang akan dipulangkan via kapal laut. Pemprov Sumbar sedang mengoordinasikan dengan PT. Pelni terkait biaya yang dibutuhkan untuk kepulangan jika menggunakan kapal laut," kata Nasrul.

Untuk perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk pemulangan perantau Minang, pihaknya memprediksi akan menghabiskan dana sekitar Rp. 2,5 miliar yang tidak bisa diambil dari APBD Provinsi.

Alternatifnya, Pemprov Sumbar bakal menggalang dana dari para donatur dan masyarakat melalui rekening 'Sumbar Peduli Sesama' yang hingga saat ini sudah terkumpul sebanyak Rp. 433 juta.

"Dan besok malam (1/10) akan dilaksanakan penggalangan dana di Hotel Balairung Jakarta dengan mengundang para tokoh-tokoh Minang, ikatan perantau Minang di Jabodetabek, Bupati/Walikota se Sumbar, BUMN dan BUMD yang ada di Sumatera Barat", ungkapnya.

"Diharapkan tidak ada provokator dan jangan terprovokasi terkait insiden ini, karena insiden bukan konflik etnis. Kita bersyukur Baznas Sumbar siap menanggulangi dana yang dibutuhkan untuk kepulangan perantau Minang, sambil menunggu penggalangan dana dari semua pihak", tegas Wagub Sumbar.

Wagub Nasrul Abit juga menegaskan, Pemprov Sumbar hanya menanggung biaya kepulangan saja, jika nanti ada perantau yang ingin kembali ke Wamena Pemprov Sumbar tidak menanggung biaya tersebut.  [rmol]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @kontenislamcom

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close