Pengamat Sebut Kabinet Jokowi Coba-coba, Setahun akan Dirombak

Pengamat Sebut Kabinet Jokowi Coba-coba, Setahun akan Dirombak

KONTENISLAM.COM - Pengamat politik Hendri Satrio memperkirakan, menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju yang telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo tidak akan bertahan lebih dari satu tahun. Reshuffle atau perombakan menteri akan dilakukan dalam hitungan bulan.

Dia menjelaskan, perkiraan tersebut tercipta lantaran posisi jabatan menteri yang telah diumumkan pada Rabu, 23 Oktober 2019 lalu dianggap hanya sebatas jabatan pemberian oleh Jokowi karena mereka telah membantunya saat proses Pilpres 17 April 2019.

"Reshuffle pertama terjadi, saya tebak enggak lebih dari setahun Pak Jokowi gantilah," kata Hendri di acara Indonesia Lawyers Club, tvOne pada Selasa, 29 Oktober 2019.

Selain itu, lanjut dia, posisi menteri yang ada saat ini juga hanya sebatas susunan kabinet coba-coba. Banyak jabatan menteri yang diisi oleh orang-orang yang kurang kompeten di posisinya.

"Kabinetnya masih kabinet coba-coba, Mas Bahlil di BKPM, dia katanya deg-degan juga kan. Ada beberapa posisi yang secara kentara posisi hadiah dari Pak Jokowi," ujar dia.

Di luar itu, dia menilai ada juga agenda lain yang dirancang Jokowi dari adanya penetapan susunan kabinet tersebut. Terutama setelah masuknya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan ketua umum beberapa partai politik lainnya.

"Apakah soal amandemen saja. Kenapa Gerindra sangat dibutuhkan oleh koalisi yang ada untuk itu. Apakah ada kaitannya dengan masa periode presiden yang dibahas atau GBHN," katanya. [viva news]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close