Pidato Jokowi Tak Singgung soal HAM, Kontradiktif dengan Keanggotaan RI di Dewan HAM PBB - Konten Islam

Pidato Jokowi Tak Singgung soal HAM, Kontradiktif dengan Keanggotaan RI di Dewan HAM PBB

Pidato Jokowi Tak Singgung soal HAM, Kontradiktif dengan Keanggotaan RI di Dewan HAM PBB

KONTENISLAM.COM - Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pelantikan pada 21 Oktober 2019 lalu, yang tidak menyinggung isu Hak Asasi Manusia (HAM) dinilai sangat bertolak belakang dengan status keanggotaan Indonesia di Dewan HAM PBB.

Jokowi sebagai presiden, kata dia, seharusnya membuktikan kepada dunia internasional bahwa penegakan HAM tidak hanya dilakukan secara internasional, tapi juga di Indonesia.

“Itu juga menjadi catatan kita, sebagai anggota Dewan HAM, Indonesia seharusnya membuktikan kepada dunia bahwa memang kondisi HAM di Indonesia sudah bagus,” kata Wakil Direktur Eksekutif Impasial Gufron Mabruri, Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Lebih lanjut, ia mengatakan Indonesia harus memperbaiki dan mengevaluasi catatan dugaan pelanggaran HAM masa lalu, misalnya penghilangan paksa aktivis 1997-1998, kebebasan berkeyakinan, isu tentang hukuman mati, perlindungan pada pembela HAM dan kekebasan berekspresi.

Kata Gufron, semua itu telah dilanggar dan dicederai oleh negara.

“Nah itu kan catatan yang harus dia perbaiki untuk sekarang dan ke depan, itu untuk menunjukan bahwa memang Indonesia layak untuk duduk sebagai dewan ham. Kalau nggak itu kan kontradiktif,” tuturnya.

Diketahui, Indonesia terpilih menjadi anggota dewan HAM PBB periode 2020-2022. Indonesia jadi anggota Dewan HAM PBB setelah mengantongi sebanyak 174 suara dalam pemilihan yang dilaksanakan di markas besar PBB di New York, Kamis (17/10/2019) lalu.[akurat]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel