Simak! Berikut Pengertian Mengenai Lembaga Keuangan Bukan Bank - Konten Islam

Simak! Berikut Pengertian Mengenai Lembaga Keuangan Bukan Bank

Simak! Berikut Pengertian Mengenai Lembaga Keuangan Bukan Bank

KONTENISLAM.COM - Bank dikenal sebagai lembaga keuangan paling populer. Namun tahukah Anda  bahwa ada juga yang namanya lembaga keuangan bukan bank. Lembaga ini memberikan layanan keuangan seperti menghimpun dan menyimpan dana. Untuk lebih jelasnya simak macam-macamnya berikut ini (referensi dari Duwitmu.com).

Macam-macam Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga keuangan bukan bank merupakan lembaga resmi yang memiliki perizinan dan dijamin keberadaannya oleh peraturan yang berlaku. Di antara macam-macam lembaga keuangan bukan bank yang berada di Indonesia antara lain.

1. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi merupakan sebuah lembaga yang menghimpun dana dengan cara menarik premi kepada nasabah setiap bulannya. Penarikan premi ini dilakukan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak dan tertulis di dalam polis.

Tujuan dari asuransi ini adalah untuk mengendalikan keuangan agar tetap terjaga ketika terjadi risiko yang memerlukan biaya. Sebagai contohnya, jika seseorang memiliki asuransi kesehatan, maka orang tersebut akan mendapat klaim yang bisa digunakan untuk membayar biaya rumah sakit.

Adapun beberapa jenis asuransi yang bisa Anda miliki di antaranya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi kepemilikan rumah dan property, dan juga asuransi bisnis.

2. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga yang mengumpulkan dana dari setiap anggota, kemudian meminjamkan kembali kepada anggota maupun non-anggota. Sumber pemasukan koperasi ini berasal dari anggota itu sendiri serta pinjaman dari lembaga keuangan lainnya.

Karena kegiatannya adalah menghimpun dan menyalurkan dana, koperasi simpan pinjam ini juga masuk sebagai lembaga keuangan bukan bank. Dengan Tujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dan masyarakat pada umumnya.

Ada banyak jenis-jenis koperasi simpan pinjam yang mungkin bisa membantu Anda, seperti contohnya Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Serba Usaha (KSU), dan Koperasi Pasar. Namun, pastikan koperasi yang dipilih berada di bawah naungan pemerintah agar lebih terjamin keamanannya.

3. Pegadaian

Lembaga keuangan bukan bank yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Pegadaian sendiri termasuk salah satu Badan Usaha Milik Negara yang berfungsi sebagai penyaluran kredit kepada masyarakat.

Dasar hukum yang digunakan dalam sistem ini adalah hukum gadai sehingga masyarakat akan terhindar dari bunga yang terlalu tinggi. Selain itu, program pegadaian juga memiliki mekanisme yang mudah, sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang berminat mengajukan pinjaman di pegadaian ini.

Untuk mengajukan pinjaman di pegadaian, Anda hanya perlu menyediakan barang-barang jaminan, seperti emas atau BPKB kendaraan bermotor. Selain itu, bunganya juga termasuk rendah, mulai dari 0,75 persen setiap bulannya.

4. Bursa Efek

Pasar Modal atau bursa efek merupakan lembaga keuangan bukan bank yang memperdagangkan surat-surat berharga dalam bentuk hutang maupun modal sendiri. Baik yang diterbitkan oleh pemerintah, otoritas umum, maupun perusahaan swasta.

Contoh surat berharga yang umum diperjualbelikan di pasar modal adalah saham atau surat penyertaan modal dan obligasi atau surat utang jangka panjang. Di Indonesia sendiri terdapat 2 bursa efek, yaitu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.

Dana dari pasar modal ini nantnya akan dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan proyek-proyek besar yang sifatnya juga jangka panjang. Contohnya seperti pembangunan pabrik baru, mall, apartement dan lain-lain.

Meskipun namanya lembaga keuangan bukan bank, namun tetap saja lembaga ini juga mengurusi seputar keuangan yang memiliki peranan penting dalam kemajuan perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia. []

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel