Analis Politik: Melihat Yang Sudah-sudah, Zulkifli Hasan Tamat! - Konten Islam

Analis Politik: Melihat Yang Sudah-sudah, Zulkifli Hasan Tamat!

Analis Politik: Melihat Yang Sudah-sudah, Zulkifli Hasan Tamat!

KONTENISLAM.COM - Petahana Ketua Umum PAN Zulkif Hasan masih berpeluang kembali menjadi ketua umum periode 2020-2025. PAN akan menggelar Kongres pada awal tahun depan untuk memilih nahkoda baru.

Pasalnya, Zulhas sapaan akrab Wakil Ketua MPR itu mengklaim sudah didukung 28 DPW. Dan di dalam AD/ART partai, tidak ada larangan ketum menjabat dua periode.

Namun, berkacara dari sebelumnya, tidak ada ketum yang menjabat dua periode di PAN. Amien Rais, Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa hanya satu periode menjabat.

Kalau kita melihat yang sudah-sudah, Zulhas sudah selesai," kata analis politik dari Voxpol Center Reseach and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (28/11).

Di sisi lain, Zulhas juga tidak berhasil menaikkan perolehan kursi di DPR RI. Dari 48 kursi pada Pemilu 2014, menurun menjadi 44 kursi hasil Pemilu 2019.

Ditambah, lanjut Pangi, di bawah kepemimpinan Zulhas, PAN juga terkesan mau merapat ke pemerintahan.

Hal itu bertolak belakang dengan sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menginginkan partai berlambang matahari itu berada di luar pemerintahan.

Amien sendiri, sambung Pangi, sepertinya ingin ketum PAN mendatang harus bisa menjadi check and balance bagi pemerintahan Presiden Jokowi, tidak main dua kaki. Dan tentu bisa menaikkan elektabilitas partai pada pemilu mendatang.

Hingga saat ini, ada lima calon ketum PAN yang digadang-gadang. Yaitu, Zulkifli Hasan (petahana), Dradjad Wibowo (Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN), Mulfachri Harahap (Wakil Ketua Umum PAN), Asman Abnur (mantan Menteri PAN-RB) dan Bima Arya (Walikota Bogor). Sementara Hanafi Rais (Ketua Fraksi PAN di DPR) digadang-gadang menjadi sekjen. (Rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel