Banyak Masalah Jerat BUMN, Ahok Bisa Apa? - Konten Islam

Banyak Masalah Jerat BUMN, Ahok Bisa Apa?

Banyak Masalah Jerat BUMN, Ahok Bisa Apa?

KONTENISLAM.COM - Ekonom Indef, Bhima Yudhistira memaparkan beberapa persoalan yang selama ini menjerat BUMN. Kondisi berikut ini dinilai menjadi faktor yang membuat badan usaha negara terus merugi.

Pertama, masalah tata kelola. Bhima menjelaskan, masalah manajemen pembangunan (good governance) ini masih jadi masalah utama BUMN sejak dulu, sejak era Soeharto.

“Flash back dulu, Ibnu Sutowo hampir membangkrutkan Pertamina masalahnya sama yaitu masalah tata kelola,” katanya ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

Karenanya, Bhima meragukan seorang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang digadang-gadang akan menempati jabatan strategis di salah satu perusahaan BUMN sektor energi, bisa menyelesaikan masalah ini. Terlebih Ahok tak punya rekam jejak mengelola perusahaan energi dan migas

Bhima mengatakan, daripada bergantung pada Ahok, lebih baik BUMN mengefektifkan peran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan. Mengawal proyek-proyek besar agar tak jadi rente.

“Kalau sekarang sudah, dilibatkan yang lebih besar lagi sampai ke anak cucu BUMN. Jadi sebelum main mata ada KPK yang mencegah,” kata Bhima.

Kedua, intervensi politik ke BUMN harus dievaluasi lagi. Atas nama pencapaian politik, kata Bhima, banyak BUMN yang dikorbankan dengan membangun proyek yang tidak sesuai perhitungan sebagaimana layaknya sebuah bisnis dijalankan.

Dia mencontohkan proyek LRT di Palembang yang tekor. Biaya operasional yang digelontorkan pemerintah pusat sebesar Rp10 miliar per bulan.

Tak sebanding dengan penghasilannya yang hanya Rp1 Miliar per bulan. LRT ini total hanya melayani sekitar 5.000 penumpang per hari. Artinya, pemerintah merugi sebesar Rp9 miliar per bulan.

“Kereta bandara juga gak masuk tapi dipaksakan Menurut saya ada kadar tekanan politik harus disetop di beberapa tempat sehingga tak merusak likuiditas BUMN,” jelas Bhima. [indonesiainside]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel