Gus Yaqut: Banser-FPI Tak Bermusuhan, Apa yang Harus Dicairkan?

Gus Yaqut: Banser-FPI Tak Bermusuhan, Apa yang Harus Dicairkan?

KONTENISLAM.COM - PA 212 menilai pernyataan Ketum PBNU Said Aqil Siradj yang menyebut semua habib harus dihormati bisa mencairkan suasana antara Banser dan FPI. Ketum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menilai hubungan kedua organisasi itu netral sehingga tidak perlu ada yang dicairkan.

"Selama ini Banser tidak pernah punya masalah dengan FPI. Saya selalu katakan di mana-mana Banser itu tidak bermusuhan dan tidak berkawan dengan FPI selama ini. Posisi kita netral saja. Jadi tidak ada masalah apapun dengan FPI. Jadi apa yang harus dicairkan?" kata Yaqut di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Jika ada gesekan antara Banser dan FPI di lapangan, menurut Yaqut, hal itu bersifat situasional dan bukan konflik permanen. Banser dan FPI disebutnya hanya berbeda sikap dalam berdakwah.

"(Beda sikap terhadap) Banyak hal. Harakah kalau dalam istilah kami, harakah itu gerakan. Jadi kalau mereka berdakwah, FPI berdakwah dengan cara mengedepankan nahi mungkar (mencegah keburukan), kalau kami di Banser mengedepankan amar ma'ruf (mengajak pada kebaikan). Itu saja beda harakahnya," lanjut dia.

Di sisi lain, Yaqut setuju dengan pernyataan Said Aqil yang mengatakan semua habib harus dihormati. Namun, jika ada masalah hukum, seorang habib juga harus menghadapinya.

"Setuju. Kita setuju bahwa semua habib itu harus dihormati. Dan setiap warga negara punya kedudukan yang sama dalam hukum. Kan itu harus digarisbawahi juga. Artinya, mau habib, mau kiai, mau saya yang cuma orang nggak jelas ini kalau punya masalah dengan hukum ya dihadapi secara hukum," ucap politikus PKB itu.

Sebelumnya diberitakan, dalam ceramahnya, Ketum PBNU Said Aqil Siradj meminta masyarakat menghormati habaib, termasuk Habib Rizieq Syihab. PA 212 mengapresiasi pernyataan Said Aqil dan, menurutnya, sikap itu patut ditiru umat Islam.

Novel Bamukmin menyebut ceramah Said Aqil soal menghormati habaib (para habib) membawa kesejukan dan menyatukan umat Islam. Dia berharap ceramah itu diimplementasikan di kehidupan nyata.

"Dengan begitu menjadi cair dari NU serta sayap organisasinya termasuk Banser untuk menggalang persatuan, tidak lagi mendiskreditkan FPI selaku ormas di bawah pimpinan HRS (Habib Rizieq) karena di FPI umumnya para pimpinan pimpinan di FPI dan LPI tersebut mulai dari ranting sampai ke pengurus DPP dan sayap organisasi FPI adalah para habaib," sebut Novel Bamukmin. [detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close