Jokowi Sidak Peserta BPJS Kesehatan, Pengguna Mandiri Lebih Banyak Dibanding Yang Dibayari Negara - Konten Islam

Jokowi Sidak Peserta BPJS Kesehatan, Pengguna Mandiri Lebih Banyak Dibanding Yang Dibayari Negara

Jokowi Sidak Peserta BPJS Kesehatan, Pengguna Mandiri Lebih Banyak Dibanding Yang Dibayari Negara

KONTENISLAM.COM - Inspeksi mendadak (Sidak) kepemilikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dilakukan Presiden Joko Widodo saat menyambangi RSUD Dr H Abdul Moeloek di Bandar Lampung, Jumat (15/11).

Hasilnya, Presiden menemukan fakta mayoritas peserta BPJS Kesehatan mandiri lebih banyak dibandingkan dengan kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai oleh anggaran APBN.

“Saya hanya ingin memastikan apakah Kartu BPJS itu betul-betul sudah dipegang oleh rakyat, oleh pasien, yang ada di rumah sakit. Saya cek tadi hampir 90 persen lebih memakai BPJS,” kata Jokowi dilansir Setkab.

Temuan tersebut pun mengejutkan mengingat jumlah peserta BPJS Kesehatan terbesar adalah kategori yang dibiayai negara. Setidaknya berdasarkan data per 31 Oktober 2019, 96.055.779 peserta BPJS Kesehatan dibiayai oleh APBN. Jumlah tersebut belum termasuk jumlah peserta dari kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai anggaran APBD yang mencapai 37.887.281 peserta berdasarkan data yang sama.

Artinya, lebih dari 133 juta peserta BPJS Kesehatan atau kurang lebih 60 persen dari total kepesertaan BPJS Kesehatan ditanggung negara.

Ini yang mau saya lihat. Karena yang PBI itu kan banyak. Dari pemerintah itu 96 juta plus, dari Pemda itu 37 juta. Harusnya ini sudah mencakup 133 juta. Harusnya yang gratis 133 juta. Ada di mana? Siapa yang pegang? Saya hanya ingin memastikan itu,” tegasnya.

Dalam sidak tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; dan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi(rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel