Ma'ruf Amin Ungkap Potensi Zakat Indonesia Capai Rp230 Triliun

Ma'ruf Amin Ungkap Potensi Zakat Indonesia Capai Rp230 Triliun

KONTENISLAM.COM -  Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Konferensi Forum Zakat Sedunia di Bandung. Dalam sambutannya, Ma'ruf mengungkapkan besarnya potensi pengelolaan zakat di Indonesia yang lebih dari Rp 200 triliun.

Ma'ruf menyebut, pengelolaan zakat Indonesia masih di bawah Rp 10 triliun atau kurang dari 5 persen dari potensi keseluruhan. Namun, Ma'ruf tidak menyebut lembaga yang mengelola dana zakat tersebut.

"Dalam konteks Indonesia, diperkirakan potensi zakat yang bisa dikelola sangat besar, yakni Rp 230 triliun. Dari potensi yang sangat besar tersebut, baru 3,5 persen (yakni 8 triliun) saja yang bisa dikelola," kata Ma'ruf di The Crowne Plaza Hotel, Bandung, Selasa (5/11).

Ma'ruf mengungkapkan, meski pengelolaan zakat masih kecil, tapi menunjukkan peningkatan. Dalam 5 tahun terakhir, pengelolaan zakat nasional tumbuh lebih dari 20 persen.

"Itu artinya, masih sangat besar potensi zakat yang belum terkelola. Saya mendapat laporan bahwa dalam 5 tahun terakhir pengumpulan zakat nasional kita tumbuh sekitar 24 persen," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan, untuk meningkatkan angka pengelolaan zakat, bisa dilakukan dengan beberapa hal. Misalnya memanfaatkan teknologi informasi berbasis digital hingga meluncurkan event tertentu yang untuk menyampaikan pesan mengenai zakat.

"Meskipun telah bertumbuh cukup baik, tapi perlu untuk dilakukan terobosan agar lebih baik lagi, karena masih sangat jauh dari potensi zakat yang ada," lanjutnya.[kumparan]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close