Setelah 10 Tahun Dukung Israel, Kanada Berbalik Dukung Resolusi PBB pro-Palestina - Konten Islam

Setelah 10 Tahun Dukung Israel, Kanada Berbalik Dukung Resolusi PBB pro-Palestina


KONTENISLAM.COM - Pemerintah Trudeau, Selasa (19/11/2019), mendukung resolusi yang mendukung hak penentuan nasib sendiri rakyat Palestina yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB selama sesi Komite Ketiga.

Resolusi itu diajukan oleh Negara Palestina, Korea Utara, Zimbabwe dan lainnya dan menyerukan "penyelesaian damai yang adil, abadi dan komprehensif" untuk konflik Israel-Palestina, dan secara eksplisit merujuk pada tanah yang diperebutkan antara kedua negara sebagai "Wilayah Palestina yang Diduduki."

Pemungutan suara dilakukan setelah pengumuman AS bahwa mereka tidak lagi menganggap permukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sebagai ilegal, yang membalikkan dasawarsa kebijakan luar negeri AS.

Resolusi yang berjudul "Hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri" ditentang oleh Israel, AS, dan lima negara pulau Pasifik: Kepulauan Marshall, Nauru, dan Negara Federasi Mikronesia.

Sebanyak 164 negara memberikan suara mendukung, termasuk Inggris dan Jerman.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Kanada Krystyna Dodd mengatakan kepada Israel Times, "Kanada berkomitmen untuk tujuan perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi di Timur Tengah, termasuk penciptaan negara Palestina yang hidup berdampingan secara damai dan aman dengan Israel."

"Pada saat itu semakin terancam, penting bagi Kanada untuk menggarisbawahi komitmen tegas kami pada solusi dua negara."

Anggota Parlemen NDP  Timmins-James Bay, Charlie Angus, mendukung langkah ini dan memberi selamat kepada Perdana Menteri Justin Trudeau karena mengakui hak-hak Palestina dengan menentang permukiman ilegal.

Kanada secara teratur memberikan suara menentang atau abstain pada resolusi yang mendukung Palestina, termasuk resolusi penentuan nasib sendiri Palestina, kedaulatan atas sumber daya alam dan ilegalitas pemukiman Israel.

Pada November tahun lalu, Kanada bergabung dengan minoritas kecil negara, termasuk Israel, AS, Australia dan Kepulauan Marshall untuk memilih "tidak" terhadap resolusi Majelis Umum PBB (UNGA) berjudul, "Penyelesaian Damai pada Pertanyaan Palestina."

Kelompok-kelompok pro-Israel menyatakan kekecewaan terhadap manuver baru Kanada. Mereka mengklaim bahwa itu adalah pengkhianatan atas dukungan kuat yang telah berlangsung lebih dari sepuluh tahun.

Hillel Neuer, ketua pendiri KTT Jenewa untuk Hak Asasi Manusia dan Demokrasi, mengatakan Trudeau "memperdagangkan prinsip dasar Kanada tentang keadilan dan kesetaraan untuk kursi Dewan Keamanan PBB," dan mengatakan bahwa Kanada telah "bergabung dengan para serigala."[Suarapalestina]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel