Setuju Presiden Kembali Dipilih MPR, Demokrat: Ada Apa PBNU Sekarang? - Konten Islam

Setuju Presiden Kembali Dipilih MPR, Demokrat: Ada Apa PBNU Sekarang?

Setuju Presiden Kembali Dipilih MPR, Demokrat: Ada Apa PBNU Sekarang?

KONTENISLAM.COM - Sikap Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang setuju presiden kembali dipilih MPR dikritik Partai Demokrat. Wasekjen Demokrat, Andi Arief, bahkan mempertanyakan sikap PBNU saat ini.

“Ada apa NU sekarang?” cuit Andi Arief, Kamis (28/11). Ia mengaku heran dengan perubahan sikap yang dilakukan PBNU. Padahal, kata dia, dalam dokumen Munas NU tahun 2012, tidak ada kalimat satu pun hasil Munas yang menyebutkan bahwa pemilihan Presiden kembali dipilih MPR.

“Tahun 1990-an tokoh dan intelektual NU termasuk berjuang agar Presiden tidak dipilih MPR,” ucapnya

Hal serupa disampaikan Ketua DPP Demokrat, Jansen Sitindaon. Ia menegaskan hak rakyat untuk memilih langsung pemimpinnya itu tidak boleh dicabut dan dibatalkan. Secara sederhana dalam tataran praktik, jika presiden kembali dipilih MPR hanya 9 orang. Yakni ketua umum partai politik di Parlemen.

“Masak negeri berpenduduk 260 juta ini yang menentukan presidennya hanya oleh 9 orang saja,” kata Jansen Sitindaon dalam keterangan tertulisnya, Hari ini.

Ia mengingatkan bahwa bangsa ini tidak boleh mengulang sejarah lama, saat presiden dipilih MPR. Hal itu menjadi tanda demokrasi Indonesia kembali mundur.

Menurut dia, jika mekanisme pemilihan langsung terdapat kekurangan, seperti politik uang, maka cukup dievaluasi. Bukan mengganti sistem.

“Misalnya soal money politics atau politik berbiaya tinggi. Yang kita perkuat ya lembaga pengawasannya. Memang ada jaminan kalau dipilih oleh MPR pasti akan bersih dari money politics?” Kata dia.

Dalam pandangan Jansen, jika pemilihan langsung menimbulkan polarisasi maka cukup mengurangi ambang batas pencalonan presiden atau Presidential Threshold. Dengan demikian akan muncul banyak calon presiden.

“Selain masyarakat jadi punya banyak alternatif pilihan, juga tidak akan terbagi ke dua kelompok saja seperti kemarin,” kata dia.[indonesiainside]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel