Soal Larangan Bercadar, Politikus PDIP : Pernyataan Menag Tak Bersahabat dengan Umat Islam - Konten Islam

Soal Larangan Bercadar, Politikus PDIP : Pernyataan Menag Tak Bersahabat dengan Umat Islam

Soal Larangan Bercadar, Politikus PDIP : Pernyataan Menag Tak Bersahabat dengan Umat Islam

KONTENISLAM.COM - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Kapitra Ampera meminta Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, berhati-hati dalam membuat pernyataan. Utamanya, kata Kapitra, pernyataan Menag soal wacana larangan penggunaan cadar.

Menurut Kapitra, wacana yang digelontorkan Menag Facrul Razi tersebut terkesan tidak bersahabat dengan umat Islam. Sebab, penggunaan cadar dan celana cingkrang merupakan pilihan dan hak bagi umat Islam.

"Statement Menag beberapa hari ini terkesan tidak bersahabat dengan umat Islam, soal cadar dan celana cingkrang itu soal pilihan, hak asasi manusia sama dengan orang memilih pakaian yang kelihatan auratnya," kata Kapitra, Kamis (31/10/2019).

Ketua Tim Advokat Pembela Agama (TAPA) tersebut meminta Kementerian Agama (Kemenag) secara lembaga harus menjaga pernyataannya.

"Kemenag harus tahan-tahan untuk bicara, kalau enggak, bisa inflasi nilai nanti," tuturnya.

Kapitra menjelaskan, tidak ada satupun referensi dan literatur yang menyatakan orang bisa menjadi jahat atau radikal karena pakaiannya. Menurutnya, orang itu radikal karena cara berpikirnya yang melahirkan kejahatan atau perbuatan melanggar hukum.

"Jadi orang tidak dapat dihukum hanya karena dia bercadar atau bercelana cingkrang, yang bisa membatasi atau melarang pegawai negeri untuk tidak bercadar itu kewenangan MenPan/RB, bukan Kemenag. Kemenag harusnya sibuk membuat formulasi bagaimana orang tidak terjangkit virus radikal, bukan dengan mengeluarkan pernyataan yang menjauhkan rakyat dengan negara," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Ali Rokhmat mengaku sudah mengetahui wacana larangan penggunaan cadar di instansi pemerintah itu. Namun ia tidak mengetahui secara detail soal rencana tersebut.

"Saya juga baca di media. Secara lebih detail ke beliau (Menag Fachrul Razi) saja," ujarnya. [okezone]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel