Ternyata ASEAN-China Kerja Sama Dalam Kembangkan Smart City

Ternyata ASEAN-China Kerja Sama Dalam Kembangkan Smart City

KONTENISLAM.COM - Bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, urbanisasi jadi masalah yang masih belum bisa dipecahkan sepenuhnya. Karena itulah ASEAN dan China akan bekerja sama dalam membangun ekosistem kota pintar atau smart city.

Hal tersebut tertuang dalam pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN dan China yang diselenggarakan di Impact Forum, Bangkok, Thailand, Minggu (3/11).

Kerja sama ini bertujuan untuk mengambil peluang yang ada di era digital dan revolusi industri keempat saat ini.

Tak hanya itu, smart city akan bisa memaksimalkan dampak positif di masyarakat. Seperti membangun ekonomi yang kompetitif, ekonomi yang berkelanjutan, mempromosikan lingkungan yang berkelanjutan dan kualitas hidup yang tinggi.

Konsep ini sekaligus untuk meminimalkan dampak negatif seperti kemacetan kota, polusi air dan udara, penyakit, kemiskinan, kesenjangan, dan lain-lainnya.

Untuk mendukung konsep tersebut, ASEAN dan China berkomitmen bekerja sama di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi (SIT), serta kolaborasi dalam bidang yang menjadi kepentingan bersama. Implementasi dari jalannya kerja sama ini adalah pengembangan ASEAN Smart Cites Network, seperti yang sudah dibangun pada 1999.

Kerja sama ASEAN dan China dalam mengembangkan konsep smart city kemudian diturunkan ke dalam 8 poin penting. Dilansir dari laman resmi ASEAN, poin pertama adalah mendorong otoritas administratif terkait, seperti pemerintah kota dan lembaga penelitian, untuk memperkuat kerja sama dan rancangan smart cities.

Kedua, membangun kerja sama mengenai standarisasi. Caranya dengan mempromosikan kerja sama dalam komunikasi, adanya pengakuan, pengembangan dan penggunaan standar internasional yang disesuaikan.

Ketiga, memajukan inovasi dalam bidang teknologi dan berbagi informasi dalam rangka pengembangan kota di era digital, dan menjadi solusi energi inovatif. Seperti energi terbarukan dan tata cara penggunaan teknologi yang higienis.

Keempat, mendukung kolaborasi sektor swasta dalam mempromosikan pertukaran informasi mengenai modal, teknologi, dan proyek. Bertujuan untuk mendorong kerja sama antarperusahaan juga organisasi regional dan internasional yang relevan.

Kelima, memperkuat platform kerja sama dengan platform sektoral ASEAN, yaitu ASCN dan Strategi Urbanisasi Berkelanjutan ASEAN (ASUS) untuk memfasilitasi komunikasi, mempromosikan konsep smart cities ke berbagai negara dan lembaga multilateral.

Keenam, mendorong pembangunan mitra antarkota seperti kota-kota negara anggota ASEAN. Khususnya kota ASCN dan kota-kota China seperti Nanning, Xiamen, Hangzhou, Jinan, Kunming, Shenzhen, Nanjing, dan Chengdu.

Kedelapan, mempromosikan pengembangan dan berbagi pengetahuan ke berbagai pihak seperti universitas, perusahaan, dan lembaga penelitian. Guna mendorong kerja sama antara pemerintah dan lembaga penelitian, perusahaan, dan lain-lain dalam rangka berbagi pengetahuan, teknologi, dan solusi inovatif. (03ahd) (rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: facebook.com/KONTENISLAMCOM | Flow Twitter Kami: @beritaislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close