Cina Penjarakan Pendeta Protestan selama 9 Tahun dengan Tuduhan Makar


KONTENISLAM.COM - Cina hari Senin memenjarakan pemimpin sebuah gereja Protestan tidak resmi selama sembilan tahun atas tuduhan “hasutan untuk menumbangkan kekuasaan negara”.

Pastor Wang Yi, pendiri Early Rain Covenant Church, dinilai sebagai target dari tindakan keras pemerintah tahun lalu, juga dinyatakan bersalah atas “operasi bisnis ilegal” oleh pengadilan di Chengdu, Cina barat daya, menurut sebuah pengumuman di situs web pengadilan resmi dikutip South China Mourning Post.

Wang ditahan pada Desember 2018 dalam sebuah serangan oleh pihak berwenang di mana lusinan anggota “gereja bawah tanah” -nya menghilang.

Pemerintah Komunis Cina secara resmi mewaspadai gerakan terorganisir di luar kendalinya sendiri, termasuk gerakan keagamaan.

Protestan di negara itu terbagi antara gereja “rumah” atau “bawah tanah” tidak resmi seperti Early Rain Covenant Church, dan gereja-gereja yang disetujui negara di mana lagu-lagu Partai Komunis juga harus tampil dalam sesi layanan, kutip AFP.

Umat ​​Katolik juga terbagi antara gereja-gereja tidak resmi yang dipimpin oleh para uskup yang diakui oleh Vatikan dan mereka yang mengikuti para uskup resmi.

Wang dinyatakan bersalah dalam pengadilan terbuka oleh pengadilan di Chengdu, tempat Early Rain Covenant Church, kata situs web pengadilan resmi kota itu.

Tuduhan menghasut subversi sering digunakan terhadap kelompok oposisi sebagai cara untuk membungkam kritik terhadap pemerintah dan Partai Komunis.

Sesaat sebelum ditahan, Wang menulis sebuah posting di halaman Facebook gerejanya yang mengkritik pemerintah Tiongkok karena menekan orang-orang Kristen, dengan mengatakan “Partai dapat berkembang untuk sementara waktu, tetapi itu tidak dapat bertahan selamanya.”

“Partai bisa membunuh tubuhku, tetapi tidak bisa membunuh jiwaku,” tulis Wang.

‘Efek dingin’

Ativis Uighur dan peneliti Cina di Amnesty International berbasis di Hong Kong, Patrick Poon, mengatakan hukuman Wang akan “memiliki efek mengerikan pada gereja rumah lainnya di Cina.”

“Pesannya sangat jelas – Anda akan menjadi Wang Yi berikutnya jika Anda tidak mendaftar dan mengikuti garis Partai Komunis terkait agama,” kata Poon kepada AFP.

Gereja Wang adalah di antara sejumlah gereja “bawah tanah” terkemuka yang ditutup oleh pemerintah pada tahun 2018 sebagai bagian dari tindakan keras terhadap agama, terutama pada pengikut Islam dan Kristen.

Gereja Zion yang bermarkas di Beijing, salah satu gereja Protestan “bawah tanah” terbesar di Cina, dilarang oleh pemerintah kota pada September 2018 karena beroperasi tanpa izin setelah puluhan pejabat menyerbu bangunannya.

Awal tahun itu, versi Alkitab tidak resmi ditarik dari pengecer online Cina.

Pada November, anggota komite tetap politbiro, Wang Yang mengatakan di sebuah forum bahwa Beijing harus mengubah kitab suci agama untuk memperbaiki “konten yang tidak sejalan dengan perkembangan zaman.”

Menafsirkan kembali doktrin agama akan menunjukkan “tanggung jawab lingkaran agama untuk kepercayaan mereka sendiri” dan sejalan dengan “Sinicisation (Cinaisasi) dan modernisasi agama,” kata Wang.

Dia mengatakan Beijing harus “secara efektif menahan erosi oleh pemikiran dan aliran sesat” dengan membuat evaluasi ulang sendiri terhadap teks-teks agama.

Cina menghadapi kecaman internasional karena mengumpulkan sekitar satu juta warga Uighur dan etnis minoritas Muslim lainnya di kamp-kamp interniran di wilayah barat laut Xinjiang.

Investigasi AFP menemukan pada bulan Oktober bahwa upaya Cina berniat menghapus identitas agama minoritas di Xinjiang mencakup penghancuran lahan pemakaman tempat generasi keluarga Uighur dimakamkan.

Beijing telah lama melakukan tekanan dengan memenjarakan lebih 1 juta Muslim dalam ‘kamp cuci-otak’ yang disebutnya ‘program untuk memerangi ekstremisme dan terorisme’. (indonesiainside)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close