Dengar Lagi Apa Kata Jokowi soal Polemik Ekspor Benih Lobster?

Dengar Lagi Apa Kata Jokowi soal Polemik Ekspor Benih Lobster?

KONTENISLAM.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bakal membuka keran ekspor benih lobster yang selama ini dilarang. Rencana ini berbanding terbalik dengan pendahulunya, Susi Pudjiastuti yang justru menutup ekspor benih lobster.

Polemik tersebut ramai diperbincangkan dan menuai pro-kontra hingga akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara. Seperti apa pernyataan orang nomor satu di Indonesia itu?

Soal kebijakan ini Jokowi tidak tegas mendukung atau menolak. Paling penting, menurut Jokowi negara mendapatkan manfaat paling maksimal dari lobster.

Tanyakan ke menteri KKP Pak Eddy Prabowo. Yang paling penting menurut saya negara mendapat manfaat, nelayan mendapat manfaat lingkungan tidak rusak. Nilai tambah ada di dalam negeri dan ekspor dan tidak ekspor itu hitungannya dari situ," kata Jokowi di gerbang tol Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kaltim, Selasa (17/12/2019).

Jokowi pun meminta kebijakan yang akan dijalankan Edhy harus memperhatikan keseimbangan. Antara pelestarian lingkungan dan sisi ekonomisnya.

"Jangan kita hanya melihat lingkungan saja tetapi nilai ekonomi juga dilihat. Tapi jangan dilihat nilai ekonominya saja tapi lingkungan tetap harus dipelihara. Keseimbangan itu paling penting bukan hanya bilang jangan, enggak," ujar Jokowi.

Dia menambahkan perlunya keseimbangan ekonomi dan lingkungan. Jokowi yakin para pakar mengetahui bagaimana menjaga lingkungan supaya benih lobster tidak diselundupkan.

"Keseimbangan itu yang harus di perlukan. Jangan juga awur-awuran (berantakan) semuanya diekspor semua enggak bener. Saya kira pakar-pakarnya tahu lah mengenai bagaimana tetap menjaga lingkungan agar lobster itu tidak diselundupkan tidak diekspor secara awur-awuran (berantakan) tapi juga nelayan dapat manfaat dari sana, nilai tambah ada di negara kita," papar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebagai informasi, alasan Edhy dibalik wacana melegalkan ekspor benih lobster karena banyak pihak yang menggantungkan hidup dari komoditas tersebut. Selain itu penyelundupan pun terjadi meskipun ekspor dilarang.(detik)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close