Ibu Kota Pindah Untungkan Elite, Istana: Takdir Allah Mereka Dapat Fulus - Konten Islam -->

Ibu Kota Pindah Untungkan Elite, Istana: Takdir Allah Mereka Dapat Fulus

Ibu Kota Pindah Untungkan Elite, Istana: Takdir Allah Mereka Dapat Fulus

KONTENISLAM.COM - Ali Mochtar Ngabalin, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, memberikan jawaban nyeleneh untuk merespons Jaringan Advokasi Tambang yang menyebut sejumlah politikus dan pengusaha diuntungkan di balik pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Ali Ngabalin mengatakan, kalau ada politikus nasional atau pengusaha terkenal yang memiliki lahan di lokasi ibu kota negara baru dan meraup keuntungan, maka tidak perlu dipersoalkan.

"Kalau ada orang punya hak tanah, dia punya sertifikat, dia beli tanah dari puluhan tahun yang lalu, kemudian hari ini, Tuhan, Allah, menakdirkan tempat dia itu menjadi ibu kota negara, dia ambil fulus yang banyak, di mana salahnya?" kata Ali Ngabalin saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2019).

Ngabalin menegaskan, hal tersebut bukanlah termasuk dalam praktik kongkalingkong antara pemerintah dengan pemilik lahan.

"Ya kan ada beberapa yang dipilih, titik ini, titik ini, titik ini, Allah punya mau, Jokowi menentukan di sini. Masak sih rezeki orang kita pakai (untuk) protes-protes," ujarnya.

Untuk diketahui, Jaringan Advokasi Tambang mengungkapkan, sejumlah nama politikus nasional kuat diduga bakal meraup keuntungan di balik wacana Presiden Jokowi memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Koordinator Nasional Jatam Merah Johansyah mengatakan, sebagian besar dari mereka yang diuntungkan merupakan pemilik lahan konsesi tambang.

Merah menuturkan, pada lahan sekitar 180.965 hektar di Kalimantan Timur yang hendak dijadikan kawasan ibu kota baru, setidaknya ada 162 konsesi pertambangan, kehutanan, sawit, PLTU batu bara hingga properti.

Sejumlah nama pemilik konsesi yang kuat diduga akan meraup keuntungan di balik wacana pemindahan ibu kota baru tersebut, yakni adik kandung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto: Hashim Djojohadikusumo.

Selain itu, kata dia, ada pula Bendahara Umum Partai Gerindra sekaligus keponakan Prabowo: Thomas Aquinas Muliatna Djiwandono.

Selain itu, Merah juga menyebut Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dan anak kandung eks Ketua DPR RI Setya Novanto, Rheza Herwindo. Kemudian, pengusaha Sukanto Tanoto, serta Lim Hariyanto dan Rita Indriawati. [suara]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close