Jokowi Disebut Tak Paham Pancasila, PKB: Rocky Gerung Sok Pinter - Konten Islam

Jokowi Disebut Tak Paham Pancasila, PKB: Rocky Gerung Sok Pinter

Jokowi Disebut Tak Paham Pancasila, PKB: Rocky Gerung Sok Pinter

KONTENISLAM.COM - Rocky Gerung menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak paham dengan Pancasila hingga akhirnya muncul tagar #RockyGerungMenghinaPresiden di Twitter. PKB membela Jokowi dan menilai Rocky keminter atau sikap yang berlagak sok pintar.

"Pak Rocky Gerung ini terlalu keminter, sehingga menganggap semua orang salah di luar pemikiran dan sikap beliau," ujar anggota Fraksi PKB Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Rabu (4/12/2019).

Rocky Gerung menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak paham dengan Pancasila hingga akhirnya muncul tagar #RockyGerungMenghinaPresiden di Twitter. PKB membela Jokowi dan menilai Rocky keminter atau sikap yang berlagak sok pintar.

"Pak Rocky Gerung ini terlalu keminter, sehingga menganggap semua orang salah di luar pemikiran dan sikap beliau," ujar anggota Fraksi PKB Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Rabu (4/12/2019).

Dalam batas-batas tertentu kritikan itu memang dibutuhkan tetapi dalam keadaan mempersoalkan Pancasila apalagi menghina Kepala Negara menurut saya sudah tidak proporsional dan tidak patut," sebut Karding.

Mantan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi ini berharap Rocky Gerung tidak dijadikan contoh. Karding menilai, cara politikus Demokrat tersebut tidak pantas ditiru.

"Kita berharap model seperti Rocky Gerung ini tidak menjadi contoh bagi generasi-generasi baru. Kalau toh jadi satu hal yang perlu mendapat perhatian agar masyarakat atau generasi milenial khususnya tidak mencontoh, tidak beropini seperti beliau," sebutnya.

Karding juga menyinggung soal konsekuensi hukum dari pernyataan Rocky. Hanya saja, ia tak menyebut apakah akan melaporkan Rokcy atas pernyataannya itu.

Kalau ada konsekuensi dari pernyataan-pernyataan lewat tweet ataupun pernyataan lisan yang ada kaitannya dengan penegakan hukum saya kira biar diproses saja," tutur Karding.

Pernyataan Rocky yang viral tersebut disampaikan dalam tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One. Rocky mulanya mengatakan bahwa Pancasila gagal sebagai ideologi karena sila-sila di dalamnya bertentangan.

"Pancasila itu sebagai ideologi gagal. Karena bertentangan sila-silanya. Saya pernah tulis risalah panjang lebar di Majalah Prisma dengan riset akademis yang kuat bahwa Pancasila itu bukan ideologi dalam pengertian akademik. Dalam diskurs akademis. Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, mengakui bahwa perbuatan manusia hanya bermakna kalau diorientasikan ke langit. Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Apa dalilnya bahwa saya boleh berbuat baik tanpa menghadap langit, itu namanya humanisme tu. Lalu saya berbuat baik supaya masuk surga, artinya kemanusiaan saya itu palsu. Sila kelima Keadilan Sosial. Versi siapa? Liberalisme? Libertarianisme. Orang boleh isi sila kelima itu dengan marxisme, boleh saja. Diisi dengan Islamisme boleh saja. Karena tidak ada satu keterangan final tentang isi dari Keadilan Sosial itu," kata Rocky seperti dilihat detikcom, Rabu (4/12).

Rocky kemudian mengatakan bahwa tidak ada orang yang Pancasilais di Indonesia, termasuk Presiden Jokowi. Dia menilai, Jokowi hanya hafal Pancasila namun tak memahaminya.

"Saya tidak pancasilais, siapa yang berhak menghukum atau mengevaluasi saya? Harus orang yang pancasilais, lalu siapa? Tidak ada tuh. Jadi sekali lagi, polisi pancasila, presiden juga tak mengerti pancasila. Dia hafal tapi dia nggak ngerti. Kalau dia paham dia nggak berutang, dia nggak naikin BPJS," kata Rocky. (Rmol)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel