Mahathir Dukung Keputusan ICC Selidiki Kejahatan Perang Israel di Palestina - Konten Islam

Mahathir Dukung Keputusan ICC Selidiki Kejahatan Perang Israel di Palestina

Mahathir Dukung Keputusan ICC Selidiki Kejahatan Perang Israel di Palestina

KONTENISLAM.COM - Kepala Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengatakan pada hari Jumat bahwa ia akan meluncurkan penyelidikan penuh terhadap dugaan kejahatan perang di wilayah Palestina segera setelah yurisdiksi pengadilan telah dibentuk.

Palestina dan PM Malaysia menyambut keputusan itu, namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang mencaplok Tepi Barat dan Jalur Gaza dalam perang 1967, mengatakan ICC tidak memiliki yurisdiksi untuk menyelidiki Wilayah Palestina.

Ketua jaksa ICC, Fatou Bensouda, mengatakan pemeriksaan pendahuluan terhadap dugaan kejahatan perang, dibuka pada 2015, telah memberikan informasi yang cukup untuk memenuhi semua kriteria untuk membuka penyelidikan.

“Saya puas bahwa … kejahatan perang telah atau sedang dilakukan di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza,” kata Bensouda dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters.

Dia mengatakan telah mengajukan permintaan kepada para hakim untuk putusan yurisdiksi karena status hukum yang diperebutkan dari wilayah Palestina.

“Secara khusus, saya telah meminta konfirmasi bahwa ‘wilayah’ di mana pengadilan dapat menjalankan yurisdiksinya, dan yang dapat saya selidiki, terdiri dari Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dan Gaza,” kata Bensouda.

Menentukan di mana ia dapat menyelidiki harus diselesaikan sebelum ia mulai investigasi “dan tidak diselesaikan hanya kemudian oleh hakim setelah penyelidikan saya selesai,” katanya.

Tidak jelas kapan keputusan akan dibuat tetapi Bensouda mengatakan dia telah meminta pengadilan untuk “memerintah secepatnya” dan yang memungkinkan calon korban untuk berpartisipasi dalam proses.

“Palestina menyambut langkah ini sebagai langkah yang sudah lama ditunggu untuk memajukan proses menuju penyelidikan, setelah hampir lima tahun yang panjang dan sulit dalam pemeriksaan pendahuluan,” kata Otoritas Palestina (PA), badan pemerintahan mandiri terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel, dalam sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki mengatakan keputusan ICC adalah “hari yang gelap dalam sejarah Israel”.

Mengadili Penjajah

Sementara Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad hari ini menyambut pernyataan Mahkamah Pidana Internasional (ICC) bahwa mereka memiliki cukup bukti untuk menyelidiki unsur-unsur kriminal dalam perang antara Israel dan Palestina.

Memperhatikan bahwa ini seharusnya sudah dilakukan sejak lama, Dr Mahathir mengatakan Israel perlu diadili karena pembunuhan, penjarahan tanah, pembangunan rumah ilegal atas hak orang lain.

“Kami sebelumnya telah mengirim bahan bangunan ke Hamas, tetapi kapal kami telah ditahan oleh Israel, termasuk kapal Turki. Kapal-kapal ini tidak diperbolehkan mengirim bantuan ke Gaza, karena mereka hanya berlayar di perairan internasional.

“Anda tidak dapat menahan kapal di perairan internasional, tetapi mereka (Israel) datang dengan senjata, menahan dan menarik kapal kami ke pelabuhan mereka, dan hingga hari ini kami tidak tahu apakah bantuan itu dikirim atau tidak,” tambahnya.

Mahathir mengatakan ini pada konferensi pers setelah kesimpulan KTT Kuala Lumpur 2019, Sabtu siang. [indonesiainside]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close