Masjid Terbesar di China: Megah Hingga Berubah Jadi Kantor Komunis

Masjid Terbesar di China: Megah Hingga Berubah Jadi Kantor Komunis

KONTENISLAM.COM - Keadaan memilukan masjid terbesar China saat ini, tepatnya di kota Kashgar, menjadi beban terberat akibat kebijakan asimilasi dan penindasan Cina terhadap Muslim Uyghur di Xinjiang. Foto-foto mengejutkan sebelum dan sesudahnya menunjukkan gawatnya situasi.

Banyak yang menyebut kawasan itu adalah Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang China - rumah bagi banyak etnis minoritas, termasuk orang Uyghur Turki - sebagai Turkistan Timur.

Uyghur, kelompok etnis Turki yang membentuk 45 persen dari populasi Xinjiang, menyebut Cina melakukan kebijakan represif yang menghambat kegiatan keagamaan, komersial, dan budaya mereka.

Masjid terakhir dengan identitas Islam

Dikenal sebagai masjid terbesar di Tiongkok dan yang terakhir untuk mempertahankan identitas Islamnya dalam beberapa tahun terakhir, Masjid Id Kah berubah menjadi kota hantu setelah bertahun-tahun meningkatkan pembatasan sistematis, meskipun bertahan selama berabad-abad pendudukan Cina di masa lalu.

Id Kah, yang memiliki makna tempat perayaan dalam bahasa Mandarin, dapat menampung hingga 10.000 jemaah di lapangan Id Kah..

Namun, setelah putaran terakhir pembatasan terhadap masjid di Turkistan Timur, tidak ada seorang Muslim Uighur yang dapat berdoa di Masjid Id Kah.

Pembongkaran masjid dimulai pada tahun 2016

Mulai 2016, Cina mulai menghancurkan masjid di bawah pengawasan administrasi lokal.

Dengan penunjukan menteri negara Chen Quanguo pada tahun 2016, kampanye Tiongkok terhadap masjid dimulai dengan sungguh-sungguh. Kamera pengintai dan penghalang mulai dipasang di pintu masuk masjid, dan jamaah mulai ditandai. Hal ini mengakibatkan berkurangnya jamaah ke masjid karena takut akan penganiayaan.

Menurut Radio Free Asia, hampir 5.000 masjid ditutup di kota itu selama tiga bulan pertama masa jabatan Chen.

Masjid telah dikonversi menjadi kantor komunikasi

Menurut sumber independen, sejak 1997, Cina telah menutup lebih dari 1.200 masjid "megah" di seluruh Turkistan Timur. Selain itu, ratusan masjid kecil juga ditutup.

Beberapa masjid yang ditutup oleh pemerintah Beijing kemudian dihancurkan seluruhnya, yang lain diubah menjadi kantor komunikasi untuk Partai Komunis.

Sebanyak 1 juta orang, atau sekitar 7 persen dari populasi Muslim Xinjiang, telah dipenjara. Beijing mengatakan bahwa kamp-kampnya di Xinjiang adalah "pusat pelatihan kejuruan."

September lalu, Human Rights Watch yang bermarkas di New York merilis sebuah laporan yang menuduh Beijing melakukan "kampanye sistematis pelanggaran hak asasi manusia" terhadap Muslim Uighur di Xinjiang. []

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close