Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Seharusnya Mengingatkan Anak Masing-Masing

Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Seharusnya Mengingatkan Anak Masing-Masing

KONTENISLAM.COM - Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe menilai, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin harusnya mengingatkan putra-putri mereka menahan diri untuk tidak mencalonkan diri di pemilihan kepala daerah, hingga masa jabatan keduanya berakhir 2024 mendatang.

Ramses mengutarakan pandangannya menyusul rencana putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming maju di Pilkada Solo‎ 2020. Sementara menantu Jokowi, Bobby Nasution di Pilkada Medan, Sumatera Utara dan putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah disebut bakal bertarung di Pilkada Tangerang Selatan, Banten.

"Meski tidak dilarang, tetapi Jokowi harusnya mengingatkan agar keinginan mereka ditahan dulu sebelum selesai masa jabatan presiden dan wakil presiden," ujar Ramses kepada jpnn.com, Kamis (19/12).

Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) ini lebih lanjut mengatakan, Jokowi dan Amin perlu mengingatkan putra-putri mereka, agar publik tidak salah menafsirkan.

"Saya kira langkah mengingatkan putra putri mereka sangat penting, agar publik tidak memberikan penafsiran negatif terhadap Jokowi dan Ma'aruf Amien," ucapnya.

Meski demikian, dosen di Universitas Mercu Buana ini membenarkan, tak ada undang-undang yang melarang rencana Gibran, Bobby dan Siti Nur Azizah maju di Pilkada 2020.

"Jadi, anak presiden dan wakil presiden juga memiliki hak politik yang sama dengan warga negara lain untuk masuk arena politik, apalagi MK telah memberikan ruang terjadinya politik dinasti," katanya.

Ramses juga menyebut, rencana putra putri Jokowi-Amin maju di pilkada merupakan fenomena langka yang cukup mencuri perhatian publik. Tidak heran jika kemudian muncul persepsi saat ini kembali berkembang politik oligarki di Indonesia.

"Bisa jadi ini merupakan bentuk politik oligarki yang sedang dibangun. Bobby dan Gibran menggunakan kesempatan ini untuk terjun ke politik dan mereka dadakan menjadi anggota partai," pungkas Ramses.(jpnn)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close