Pertama di Inggris, Dokter Gunakan Hijab Sekali Pakai untuk Operasi

Pertama di Inggris, Dokter Gunakan Hijab Sekali Pakai untuk Operasi

KONTENISLAM.COM - Masya Alloh, sebuah rumah sakit di Inggris menjadi rumah sakit pertama yang menggunakan hijab sekali pakai. Hijab steril ini nantinya akan dipakai petugas medis di ruang operasi.

Seperti dikutip dari BBC, ide positif ini muncul di benak dokter Farah Roslan yang beragama Islam saat menjalani pelatihan di University Hospitals of Derby dan Burton NHS Trust. Penilaiannya, hijab yang dipakainya sepanjang hari di rumah sakit rentan menyebabkan infeksi pada pakaian.

"Saya menggunakan hijab yang sama sepanjang hari dan sepertinya ini tidak bersih dan ideal. Namun, saya tidak nyaman kalau harus melepasnya di ruang operasi untuk menghindari infeksi," jelas dia.

Dia pun menemukan jalan tengah agar bisa berada di ruang operasi tanpa mengesampingkan akidah agamanya. Hal tersebut terinspirasi dari Malaysia, negara tempatnya lahir.

Setelah itu, dokter wanita yang bekerja di Lincolnshire ini mendesain dan menguji kain untuk hijab sekali pakainya itu. Ia pun berharap hijab tersebut bisa diperkenalkan ke seluruh Inggris.

Terkait hal tersebut, pembimbing Roslan, dokter bedah Gill Tierney, yakin hijab sekali pakai ini pertama kali diperkenalkan di Inggris.

"Kami tahu masalah semacam ini tak banyak dibicarakan dan tak pernah ditangani secara resmi. Hijab sekali pakai ini tak butuh banyak biaya dan semoga dampaknya akan sangat besar," terangnya.

Menurut University Hospitals of Derby and Burton NHS Trust, hijab sekali pakai tersebut sudah mulai digunakan sejak awal Desember. (moeslimchoice)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close