Jakarta Raih Penghargaan Transportasi Perkotaan Tingkat Dunia - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Jakarta Raih Penghargaan Transportasi Perkotaan Tingkat Dunia


KONTENISLAM.COM - Komite Sustainable Award (STA) secara resmi menganugerahkan Pune, India sebagai kota pemenang Sustainable Transport Award 2020 dan Jakarta, Indonesia sebagai Honorable Mention atas usaha kedua kota ini mengimplementasikan transportasi berkelanjutan di kotanya.

 Malam penganugerahan STA 2020 diselenggarakan di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC, Selasa (14/1/2020) waktu setempat, dalam sebuah seremoni dimana delegasi dari kedua kota hadir menerima penghargaan tersebut.

 Delegasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Dr Sri Haryati, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, dan Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri, Hari Wibowo.

 Dalam sambutannya, Sri menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, warga Jakarta dan pihak swasta.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih bagi Jakarta untuk semakin mengembangkan sistem transportasi terintegrasi agar Jakarta menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali warganya,” ungkap Sri.

 Malam Penghargaan Sustainable Award 2020 merupakan bagian dari “17th Annual Transforming Transportation Conference” di mana delegasi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan mempresentasikan perkembangan transportasi di Jakarta dalam sesi panel “Transforming Transportation” pada tanggal 16 Januari 2020 di lokasi yang sama.

 Selama 15 tahun, Sustainable Transport Award telah memberikan apresiasi bagi kota-kota di dunia yang mengimplementasikan strategi inovatif dalam isu transportasi perkotaan berkelanjutan seperti sistem transportasi massal, fasilitas pejalan kaki dan pesepeda serta manajemen parkir.

Jakarta Sebagai Honorable Mention

 Selain kenaikan jumlah penumpang Transjakarta yang fantastis, Jakarta juga dinilai berhasil mengintegrasikan sistem BRT dengan layanan mikrobus (angkot) serta kehadiran sistem metro (MRT) pertama yang memberikan tambahan opsi moda angkutan umum bagi warga Jakarta. Jakarta juga berhasil meningkatkan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum serta menciptakan hub-hub untuk mengintegrasikan pelbagai moda.

 Jakarta masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya perubahan positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan.

 Kenaikan jumlah penumpang Transjakarta, integrasi antarmoda serta pembangunan fasilitas pejalan kaki, menjadikan Jakarta memenuhi kriteria untuk dapat masuk nominasi STA 2020.

 Tak tanggung-tanggung, Jakarta langsung masuk dalam nominasi bersama 12 kota dari berbagai negara di dunia, sebut saja Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia) dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, Jakarta melesat masuk ke dalam tahap semi-final hingga akhirnya menduduki posisi 3 besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda).

 Komite Sustainable Transport Award terdiri dari para ahli dan organisasi skala internasional yang sudah malang melintang di bidang transportasi berkelanjutan seperti:

 - Institute for Transportation and Development Policy (ITDP)
 - WRI Ross Center for Sustainable Cities
 - The World Bank
- Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH
 - Local Governments for Sustainability (ICLEI)
 - BRT Center of Excellence
 - Clean Air Asia
 - CODATU
 - Despacio
 - AMEND
 - Asian Development Bank

 *Sumber: http://www.itdp-indonesia.org/wp-content/uploads/2020/01/Press-Release-Jakarta-STA-2020-1.pdf

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Kabar Politik | Flow Twitter Kami: @KabarTerkini8

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close