DPR: Kenaikan Harga Bawang Putih Permainan Importir


KONTENISLAM.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Deddy Mulyadi mengungkapkan ada permainan importir dibalik melonjaknya harga bawang putih dipasaran.

"Jujur-jujuran saja, bahwa bawang putih masih ada sekitar 130.000 ton di gudang- gudang para importir tahun yang lalu. Tinggal satgas pangan sekarang operasi di seluruh daerah, kabupaten kota," kata Deddy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Para importir, kata ia, dengan sengaja menimbun bawang putih dengan tujuan agar harga bawang dipasaran naik.

"Kenapa para pengusaha ingin membangun spekulasi harga, karena dia dapat untung gede," ucapnya.

Ia menekankan kepada kementerian pertanian, melalui dirjen Hortikultura agar melakukan komunikasi dengan berbagai pihak termasuk aparat sehingga stok bawang putih yang ditahan dapat ditelusuri. Dia berpendapat, kelangkaan komoditas Bawang Putih ini sengaja diciptakan dengan mempermainkan supply and demand.

Koordinasi dengan Bulog juga penting dilakukan agar segera melakukan operasi pasar. Para importir dan para pedagang besar harus dipaksa melepas stoknya sehingga ada penurunan yang menjangkau daya beli masyarakat.

“Penghentian impor bawang putih ini seharusnya berdampak jangka panjang. Jangka Pendek mestinya tidak terpengaruh karena stok masih ada berdasar data resmi badan ketahanan pangan kementerian pertanian. Penjarakan saja para pedagang yang sengaja menimbun stok komoditas dengan tujuan menaikkan harga. Karena aktivitas para spekulan model begini yang selama ini merusak tatanan bernegara kita,” tutupnya. (teropongsenayan)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close